Wartawan ditembak di Simalungun, puluhan Wartawan Labusel adakan aksi solidaritas

  • Bagikan
banner 468x60

LABUSEL | Pasca adanya seorang wartawan yang meninggal dunia akibat ditembak Orang Tak Dikenal (OTK) di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Jumat, (18/6/21) yakni Mara Salem Harahap. Maka puluhan Wartawan yang tergabung dari beberapa lembaga di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumut melakukan aksi solidaritas di Labusel pada Senin, (21/6/2021) jam 14.00 Wib.

Aksi dimulai di sekitar tugu bundaran simpang 3 Kotapinang kemudian berlanjut ke kantor Polsekta Kotapinang, namun aksi tersebut aman dan terkendali dan tetap mematuhi Porotokol kesehatan (prokes).

banner 336x280

Lembaga wartawan yang turun pada aksi solidaritas tersebut adalah Aliansi Komunitas Wartawan Labusel (Alkowar) Labusel, kemudian Ikatan Wartawan Labusel (IKWAL).

Salah satu Wartawan, Khoiruddin Nasution dalam orasinya meminta agar Kapolri, Kapolda dan Kapolres Simalungun tegas dan cepat untuk menangkap pelaku OTK yang menembak rekan seperjuangan mereka.

Kuli tinta saudara Marhalim Harahap yang dikenal marsal Harahap sehingga meninggal dunia, ujar Khoiruddin.

Sementara salah satu Wartawan lainnya, Ridwan Marpaung juga sangat mengharapkan penegakan hukum untuk mengungkap siapa pelakunya dan meminta juga harus dihukum seberat beratnya.

Sementara, Ketua Alkowar Labusel, Herbet Manullang dalam orasinya mengharapkan kepada pihak Kepolisian mulai Kapolri, Kapolda dan Kapolres Simalungun agar lebih tegas mengungkap kasus tersebut karena wartawan itu bekerja sesuai UU No 40. Tahun 1999.

Dilindungi Undang Undang maka perbuatan para oknum ini sengaja untuk menghambat kegiatan wartawan dalam pemberitaan, wartawan adalah pilar ke- 4 membangun bangsa ini dalam berdemokrasi, bukan sama saudara Marsal saja, tapi pada semua wartawan di negeri ini, kita juga mengajak semua wartawan se Indonesia harus menyuarakan permasalahan ini, ucap Herbet Manulang.

Sementara, Kapolsekta Kotapinang, AKP Bambang Gumanti SH MH melalui Wakapolsekta, AKP A Gunarto menyampaikan ucapan, bahwa atas nama personil Polri, Polsek Kotapinang sangat mengapresiasi sikap solidaritas wartawan se Kabupaten Labusel.

Permasalahan saudara Marsal Hrp sekarang sedang diusut tim Polda dan Polres Simalungun. Tolong percayakan dulu tim dari Polda bekerja. Aksi solidaritas kawan-kawan wartawan ini sangat kami apresiasi dari Kepolisian. Hidup Wartawan, Hidup Wartawan, Hidup Wartawan, tegas AKP A Gunarto.

setelah adanya tanggapan serius dari Polsekta Kotapinang, para awak wartawanpun bubar meninggalkan Mapolsekta Kotapinang dengan tertib aman dan terkendali. (MH)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan