Walikota Tebing Tinggi ikuti Zoom Meeting Penilaian (Assessment) dalam rangka program Gerakan Menuju Smart City yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian/ Lembaga terkait

  • Bagikan
banner 468x60

TEBING TINGGI | VALITO.ID | Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. mengikuti Zoom Meeting Penilaian (Assessment) dalam rangka program Gerakan Menuju Smart City yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian/ Lembaga terkait, Kamis (04/11/2021) di Ruang Kerja Balai Kota.

Program Gerakan Menuju Smart City, yang ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam ekosistem Smart City serta meningkatkan inovasi dalam berbagai program pemerintah daerah.

banner 336x280

Sehubungan dengan pelaksanaan program dimaksud, Kementerian Kominfo akan melaksanakan penilaian (assessment) terhadap dua ratus (200) kota/kabupaten untuk mengukur kesiapan (readiness), dan memilih lima puluh (50) kota/kabupaten yang akan mendapatkan pendampingan penyusunan masterplan kota cerdas (smart city).

Disampaikan Wali Kota Tebing Tinggi, upaya dilakukan Pemko Tebing Tinggi menuju Smart City yaitu; Aplikasi SIPD – perencanaan, Aplikasi E-Office & Kepegawaian (Penggunaan aplikasi Sisumaker dan TOKS (Tata Olah Kepegawaian Sipil), MoU dengan mitra pelaksana pembangunan, Ketersediaan SDM berkompeten di pemerintah kota Tebing Tinggi, Ketersediaan anggaran 2021 (2,59 % persentase anggaran TIK terhadap KKD dan 37,91% persentase KKD terhadap APBD), Infrastruktur (software), Aplikasi SIPD (keuangan), Aplikasi kepegawaian, Bidang pendidikan (pemasangan jaringan fiber optik pada 90 sekolah di Kota Tebing Tinggi dan PPDB online), Bidang kesehatan dan kebencanaan (Tebing Tinggi Call Center 112), Bidang perhubungan (bukti lulus uji elektronik (blue) dan voip dan cctv traffic light).

Bidang partisipasi publik (E-lapor dan whistleblowing system), bidang partisipasi publik (Sikemas dan PPID), bidang perdagangan (MUTrans Tebing Tinggi dan Gudang Dropship UMKM, pameran virtual UMKM), bidang pertanian (Gempita Tebing Tinggi, bidang layanan publik (sentuhan Dukcapil dan OSS), bidang PAD (E-BPHTB dan E-SPTPD).

Bidang infrastruktur (hardware); jalur fiber optic OPD se-kota Tebing Tinggi (61 titik fiber optik, 3 titik internet publik) dan Tebing Tinggi Data Center.

Dengan rencana kerja pemerintah Kota Tebing Tinggi; pemasangan jaringan fiber optik pada 9 puskesmas, 35 kantor kelurahan dan 90 sekolah di kota Tebing Tinggi, penyediaan jaringan internet dan sistem informasi Mal Pelayanan Publik, pemasangan Wifi publik di fasilitas umum Kota Tebing Tinggi, pemasangan smart lighting di sepanjang jalur jalan protokol Kota Tebing Tinggi, pengembangan dan penerapan tanda tangan elektronik pada aplikasi Sisumaker, pembentukan UPTD aneka bisnis digital.

“Ini adalah rencana kami, menjadikan kota Tebing Tinggi sebagai Smart City. Hikmah dari Covid-19, digitalisasi menjadi sebuah keharusan dan keniscayaan, pungkas Wali Kota.

Nantinya hasil assessment akan dibahas Kemenkominfo dengan Kementerian/ Lembaga terkait dan akan disampaikan ke Pemko Tebing Tinggi.

Turut hadir Sekdako Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP., Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si., Kepala BPKPD Sri Imbang Jaya Putra, AP., M.SP., Kepala BKPSDM Syaiful Fahri, SP.,M.Si., Kadisdukcapil Muhammad Fachri, S.STP., MAP, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Idham Khalid, S.KM., M.Kes. dan Plt. Kadis Perdagangan Zahidin, S.Pd., M.Pd.

Sumber: Pemko Tebing Tinggi

banner 336x280
Editor: Zainul Nst
banner 120x600
  • Bagikan