USAHA TERNAK AYAM POTONG MEMBERI KEUNTUNGAN

  • Bagikan
banner 468x60

Oleh: Mubarak (NIM: 4022017017)

VALITO.id | Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, IAIN Langsa, 2021
Ayam pedaging merupakan salah satu jenis komoditi dibidang peternakan yang menghasilkan pangan asal ternak dan memiliki nilai ekonomi. Selain itu usaha ayam pedaging juga merupakan salah satu usaha peternakan yang memiliki prospek yang cukup cerah. Hal ini disebabkan ayam pedaging memiliki keunggulan yaitu pertumbuhan cepat dan produksi daging cukup tinggi. Usaha ini perlu terus dikembangkan dalam rangka untuk memperbesar penyediaan sumber protein hewani bagi masyarakat luas. Keuntungan dalam usaha peternakan khususnya ayam pedaging harus memperhatikan faktor-faktor produksi, antara lain breeding, feeding dan manajemen serta mampu menganalisis biaya-biaya penerimaandan pengeluaran dari usaha tersebut untuk mengetahui tingkat keuntungan usaha ternak ayam pedaging selama satu kali masa produksi.

banner 336x280

Permintaan masyarakat terhadap daging ayam sangat tinggi untuk membuat makanan dari olahan daging ayam. Manusia tidak cukup hanya makan nasi saja namun membutuhkan asupan protein, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya termasuk dari daging ayam. Sehingga usaha ternak ayam boiler menjadi bisnis berprospek cerah dan sangat menjanjikan. Usaha ternak ayam boiler dilakukan di pedesaan yang jauh dari pemukiman warga agar tidak mengganggu. Usaha ternak ayam boiler dilakukan di salah satu Dusun Pahlawan Gampong Baroh Langsa Lama Kota Langsa yang jauh dari pemukiman warga. Dimana Desa ini merupakan salah satu Desa di Kecamatan Langsa Lama.

Usaha ternak ayam potong ini dilakukan secara mandiri, mulai dari pembuatan kandang, pengadaan bibit ayam, penyediaan pakan hingga pemasaran daging ayam. Modal yang dikeluarkan juga cukup besar karena peralatan yang digunakan juga sangat beragam. Usaha ini terdengar mudah tapi resiko yang diterima juga cukup besar, cepat menghasilkan keuntungan bukan berarti tanpa resiko. Mempersiapkan kandang yang sederhana dan memiliki sirkulasi udara yang cukup dengan memperhatikan suhu yang sesuai dengan usia ayam. Memilih bibit ayam yang berkualitas tinggi yang berasal dari induk ayam yang sehat, bentuk tubuh yang bulat, tidak cacat dan lainnya. Jumlah bibit yang dibeli sesuai dengan ukuran kandang agar jumlah ayam boiler tidak terlalu padat sehingga mengurangi resiko kematian karena berebut makanan. Setelah memilih bibit yang unggul, perlu diperhatikan pemberian pakan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pemasaran ayam dilakukan pada umur rata-rata 30 hari, sekali dijual pada tengkulak (pedagang pengecer). Selanjutnya untuk menghindari terjadinya wabah penyakit ayam setelah pemanenan kandang diistrahatkan selama 2 minggu. Selama pengistrahatan kandang dibersihkan dan disterilkan dari sumber-sumber bibit penyakit. Usaha pencegahan penyakit yang lain adalah senantiasa menjaga kebersihan kandang dan peralatannya Usaha pencegahan penyakit yang lain adalah senantiasa menjaga kebersihan kandang dan peralatannya. Sterilisasi dilakukan sebelum pemeliharaan berikutnya yaitu pada saat kandang kosong atau istirahat kandang selama 15 hari yaitu meliputi pembersihan lantai, dinding dan atap kandang, pengapuran lantai kandang, penyemprotan kandang dengan desinfektan, serta pencucian tempat pakan dan minum dari semua kotoran untuk mencegah terjadinya wabah penyakit.

Sedangkan brooder dibuat dari bohlam lampu pijar (listrik) yang diletakkan dibawah lampion yang terbuat dari seng plat agar pemanasan dalam ruangan petak kandang menjadi lebih merata dan stabil. Kebutuhan panasnya disesuaikan dengan prinsip ayam merasa hangat dan nyaman, tidak kedinginan atau kepanasan. Bibit ayam pedaging yang dipelihara merupakan anak ayam umur sehari ini dikemas dalam satu box, yang berisi 100 ekor untuk setiap boxnya. Pada masa ini kegiatan pencegahan penyakit perlu diperhatikan selain melakukan sanitasi ligkungan dan sterilisasi peralatan kandang juga pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi hanya dilakukan satu kali yaitu pada umur 4 hari setelah bibit ayam diterima untuk pencegahan penyakit selain juga pemberian vitamin untuk menjaga kesehatannya.

Kepadatan kandang pada peternakan ayam potong milik Bapak Mubarak di Desa Gampong Baroh Langsa Lama telah disesuaikan dengan pertumbuhannya dimana semakin bertambahnya umur dan bertambahnya ukuran tubuh ayam semakin luas kandang yang dibutuhkan. Untuk memperluas kandang dilakukan dengan cara menggeser pembatas sekat petak kandang. Kandungan protein jenis pakan untuk ayam fase finisher ini lebih rendah dari pada jenis pakan untuk ayam fase starter, namun kandungan energinya lebih tinggi, karena ayam fase finisher ini lebih banyak membutuhkan energi.

Panen ayam dilakukan mulai ayam umur 28 hari hingga umur 30 hari. Ayam yang dipanen dijual kepada tengkulak langganan yang akan dipasarkan. Harga jual didasarkan pada kilogram, dimana harga per kilogram ayam dijual antara Rp. 20.000,- sampai dengan Rp. 25.000,- per kilogram ayam.

Untuk anda yang ingin menjalankan bisnis ternak ayam potong skala menengah tentuna membutuhkan modal yang tidak sedikit jumlahnya. Salah satu modal utama yaitu penyediaan tempat dan pangan, serta perawatan ayam-ayam ternak dan pemilihan lokasi harus jauh dari pemukiman warga. Ternak ayam boiler tidak semudah memelihara ayam kampung, karena jenis ayam potong mudah mengalami stres dan mati secara tiba-tiba. Pemahaman harga pasar juga perlu diperhatikan untuk menentukan harga jual daging ternak ayam potong sehingga tidak mengalami kerugian. Dengan adanya usaha ternak ayam ptong di Gampong Baroh Langsa Lama juga membuat warga mudah membeli langsung ke peternakan dengan harga yang lebih terjangkau dibanding harga jual di pasar.

Usaha ternak milik Pak Mubarak ini sudah berdiri selama 2 tahun, hasil yang sudah dinikmati sangatlah menjamin, jadi jika berminat untuk membeli daging ayam ternak di peternakan Pak Mubarak, anda bisa langsung datang ke peternakan di Gampong Baroh Langsa Lama. Daging ayam yang didapat dengan kualitas baik, segar dan sehat membuat para pelanggan ingin selalu membeli daging ayam potong ke peternakan Pak Mubarak.

Tips ternak ayam potong Pak Mubarak yaitu memilih lokasi kandang yang jauh dari pemukiman, menyediakan kandang yang ideal dan sesuai dengan kapasitas ayam potong, pastikan suhu tetap stabil, berikan pakan secara teratur, menjaga kebersihan kandang, melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali secara berkala, memberikan antibiotik dan vitamin, ayam dipanen secara sistematis dan bertahap, jalin kerja sama dengan perusahaan atau warung-warung yang memproduksi ayam.

Resiko yang dapat dialami oleh Pak Mubarak yaitu banyaknya pesaing baik skala kecil, sedang dan besar, area kandang yang baunya sangat menyengat, mudah terkena penyakit jika kebersihan dan kesehatan ayam tidak terjaga, harga naik turun. Maka perlu diperhatikan resiko yang akan terjadi sehingga dapat di tanggulangi secara baik. Jika anda berminat untuk menjalankan bisnis ternak ayam potong seperti Pak Mubarak, anda bisa menganalisa langsung stelah melakukan perhitunga kasar dan memiliki modal yang sesuai dengan kebutuhan. Usaha ini sangat menjamin jika berkembang dengan baik dikarenakan hampir semua konsumen menyukai daging ayam mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Dengan banyaknya restoran yang memakai bahan baku daging ayam sehingga konsumen bisa diperoleh dari perorangan sampai kerja sama dengan pengusaha makanan yang bahan bakunya daging ayam.

Pemasaran usaha ternak ayam potong ini dipromosikan dari mulut ke mulut, penggunaan sosial media dan promosi dari teman. Promosi dilakukan agar masyarakat atau pun pengusaha-pengusaha makanan dapat melihat dan membeli ayam potong di peternakan Pak Mubarak dengan kualitas daging ayam yang sangat memuaskan konsumen. Kelebihan dari usaha ternak ayam Pak Mubarak adalah usaha yang menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang besar, sehingga usaha ternak ayam potong ini pun sangat banyak diminati orang sebagai usaha yang menguntungkan.

Jadi, buat anda pemiat usaha ternak ayam seperti Pak Mubarak dapat langsung konsultasi dan datang langsung untuk mencari informasi tentang bisnis ini. Bagi yang berminat ingin membeli ayam potong Pak Mubarak bisa datang langsung ke peternakan di Gampong Baroh Langsa Lama Kota Langsa.

Editor: Zainul Nasti

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan