UNIMUDA Menggandeng Dinas Dinas Pemberdayaan  Masyarakat Kampung dalam Meningkatkan Produktivitas Rumput Laut Di Pulau Arar

  • Bagikan
banner 468x60

Oleh Syachrowi Tanjung, M.Si.

Kampung Arar merupakan sentra produksi rumput laut di Kabupaten Sorong, akan tetapi produktivitas rumput laut yang dihasilkan masih rendah oleh karena itu kami melakukan pengabdian dengan judul meningkatkan produktivitas Rumput Laut Melalui Pendampingan Pelatihan Budidaya di Kampung Arar Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong bertujuan untuk mendampingi dan warga kampung Arar khususnya petani rumput laut agar mampu meningkat produktivitas rumput laut melalui pendampingan dan pelatihan budidaya rumput laut jenis Eucheuma cottoni. Program ini bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Tenaga Ahli Pendamping Desa (TAPED) dan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Arar Mandiri. Kegiatan ini telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan, luaran yang berhasil dicapai adalah pendampingan dan pelatihan budidaya rumput laut dan pendampingan panen rumput laut.

banner 336x280

Pada tanggal 9 november  diadakan pendampingan budidaya rumput laut. Hasil dari kegiatan diskusi menunjukkan bahwa pemerintah kampung Arar sangat mengapresiasi sekaligus memberikan izin untuk kegiatan pelatihan dan pendampingan. Diskusi kemudian dilanjutkan dengan perencanaan kegiataan pembelian bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan pelatihan. Adapun bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk budidaya adalah bibit, pelampung utama/jerigen plastic 25 liter, pelampung pembantu/jerigen plastic 20 liter, pelampung ris bentang/styrofoam, jangkar karung pasir 50 kg, tali jangkar dan tali utama PE diameter 12 mm, tali pembantu diameter 8 mm, tali ris bentang diameter 5mm, tali titik PE diameter 1,5 mm. sedangkan bahan dan peralatan yang diperlukan untuk panen adalah keranjang ukuran sedang, pisau kerja, timbangan, dan karung plastic dan perahu.

Kegiatan pelaksanaan program ini dilakukan dalam 2 tahap yaitu pertama pelatihan dan pendampingan budidaya dan kedua pendampingan pemanenan. Tahap pelatihan budidaya diawali dengan penyuluhan yang dilakukan di kantor balai desa. Materi yang disampaikan adalah mengenai metode budidaya rumput laut. Metode budidaya rumput laut dapat dilakukan dengan cara, antara lain: 1) metode Dasar; 2) Metode Lepas Dasar; 3) Metode Long Line dan 4) Metode Rakit Apung. Berbagai metode tersebut memiliki teknik – teknik yang berbeda. Metode yang umum digunakan adalah metode metode lepas dasar sistem patok dan metode apung (longline dan rakit).

Kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh tim pengabdi Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong berupa pendampingan pelatihan budidaya rumput laut dalam rangka meningkatkan produktivitas rumput laut di Kampung Arar Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) memberikan kesempatan pada masyarakat Kampung Arar khususnya petani rumput laut untuk dapat meningkatkan produktivitas rumput laut melalui pelatihan budidaya rumput laut. 2. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani rumput laut di kampung Arar adalah pelatihan pendampingan budidaya rumput laut dan pendampingan panen rumput laut. 3. Peserta memberikan tanggapan yang positif terhadap kegiatan pelatihan pendampingan budidaya dan panen rumput laut.[Valito]

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan