banner 728x250

TEMPAT PANGKAS RAMBUT KHUSUS PRIA BULEK BARBERSHOP (BBS) GAMPONG BAROH LANGSA LAMA

  • Bagikan
banner 468x60

Oleh: Diki Wella (NIM: 4022017040), Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, IAIN Langsa, 2021

Langsa pada awalnya berstatus Kota Adminstratif dan kemudian diangkat statusnya menjadi Kota Langsa yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur. Kota Langsa terdiri dari lima Kecamatan yaitu Kecamatan Langsa Kota, Kecamatan Langsa Barat, Kecamatan Langsa Timur, Kecamatan Langsa Baro dan Kecamatan Langsa Lama.

banner 336x280

Dari kelima Kecamatan tersebut terdapat satu Desa Gampong Baroh yang berada di Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa Provinsi Aceh. Desa Gampong Baroh terdapat beberapa usaha Barbershop yang salah satunya bernama Bulek Barbershop (BBS) yang letaknya sangat strategis di Jalan. Medan- Banda Aceh tepat dipinggir jalan raya.

Barbershop merupakan sebuah perkembangan dari fashion, di mana dulunya barbershop sering disebut dengan tukang cukur. Usaha pangkas rambut bermula dari tukang cukur keliling, hingga yang menetap, mulai dari tempat cukur terbuka di bawah pohon dan tempat cukur sederhana. Barbershop ini khusus untuk pria karena pria juga membutuhkan penampilan, mulai dari potong rambut, cuci rambut, pijat dan perawatan yang lain yang sesuai dengan kebutuhan pria. Target pasar usaha barbershop yaitu dari mulai anak-anak, pelajar, mahasiswa, remaja, lelaki dewasa, bapak-bapak dan kakek-kakek yang menjadi konsumen utama bisnis ini.

Bulek Barbershop (BBS) merupakan salah satu penyedia jasa bisnis pangkas rambut yang berkembang pada tahun 2018 dan saat ini menjadi barbershop terbaik di Gampong Baroh Langsa Lama. Pelayanan terbaik dengan menyediakan tukang cukur yang ramah, tempat yang nyaman, lokasi yang mudah di akses dan harga yang terjangkau. Tarif berkisar Rp.10.000-, untuk anak-anak, Rp.15.000-Rp.20.000 bagi orang desawa. Konsep Bulek Barbershop (BBS) yang utama adalah mengakomodasi citra maskulin dan kenyamanan pelanggan dengan didukung kecakapan pangkas rambut dalam menguasai berbagai model potongan rambut pria yang up to date dan trendy.

Jadwal buka barbershop ini Senin sampai Minggu mulai pukul 10:00 – 22:30 WIB dan menjadi salah satu alternatif bagi konsumen di daerah Gampong Baroh Langsa Lama dan sekitarnya sehingga konsumen tidak perlu jauh-jauh mencari tempat pangkas. Dengan adanya barbershop di Desa sangat memudahkan penduduk desa yang ingin tampil keren dan rapi, tidak perlu menguras kantong dengan biaya yang mahal, di Bulek Barbershop (BBS) biaya murah hasil memuaskan.

Peralatan yang digunakan barbershop berupa gunting biasa, gunting cincang, sisir, cermin besar, kursi pangkas yang nyaman, mesin cukur rambut dan lain-lainnya merupakan modal utama untuk usaha barbershop. Skill yang diterapkan oleh tukang pangkas yaitu model rambut yang sangat menarik dan perawatan yang nyaman membuat konsumen sangat puas. Pelayanan yang diberikan juga sangat baik mulai dari tutur bahasa yang sopan, tempat yang nyaman dan musik untuk rileks.

Jasa Barbershop ini termasuk Usaha Kecil dan Menengah di Gampong Baroh Langsa Lama, sehingga perlu dipromosikan diberbagai daerah untuk memajukan usaha Bulek Barbershop (BBS). Promosi yang di lakukan yaitu dari sosial media teman ke teman yang sangat berpengaruh penting untuk memajukan usaha barbershop. Tidak hanya dari kalangan penduduk desa Gampong baroh saja yang menggunakan jasa Bulek Barbershop tetapi dari berbagai kalangan daerah lain juga ikut serta dalam menggunakan jasa Bulek Barbershop.

Kalangan anak-anak juga sangat senang untuk pangkas di barbershop ini karena karyawannya sangat ramah dan menyenangkan sehingga membuat anak-anak ingin kembali lagi jika nanti rambut sudah mulai panjang dan akan di pangkas Bulek Barbershop (BBS). Konsumen sangat banyak jika memasuki hari hari besar seperti hari lebaran, para pria berdatangan untuk mendapat hasil potongan rambut yang rapi dan keren dengan biaya yang sangat terjangkau.

Biasanya bisa sampai melewati waktu yang sudah ditentuka sehingga barbershop tutup lebih lama karena banyaknya konsumen yang ingin tampil keren pada saat lebaran.
Usaha ini sangat menguntungkan, jadi buat kalian yang punya skill di bidang fashion rambut dapat membuka usaha jasa barbershop. Usaha yang kalian buka sendiri dapat membuka lowongan pekerjaan lain bagi orang lain jika usaha kalian sudah mulai maju dan membutuhkan karyawan. Promosi juga menjadi faktor pendukung setiap usaha yang dibuat, selamat mencoba bagi yang mempunyai skill di bidang ini dan nikmati hasilnya.

Bulek Barbershop (BBS) dimulai dengan modal yang minim, kalau anda punya skill memangkas rambut, anda bisa bekerja sama dengan pemilik barbershop untuk memulai bisnis ini. Jika anda tidak memiliki skill memangkas rambut, anda bisa mengikuti kursus dengan berbagai pilihan biaya pelatihan kursus. Dengan mengikuti pelatihan anda bersiap memiliki keterampilan di bidang style rambut dan bahkan anda bisa menjadi pengusaha Barbershop sukses.

Bisnis berjalan tidak instant berhasil dalam waktu yang cepat, buatlah bisnis barbershop ini sebagai kekosistenan anda untuk bisa menjadi tumpuan pendapatan hidup dan bukan sebagai batu loncatan. Memperluas pengetahuan dengan adanya inovasi untuk sebuah barbershop dengan melihat perkembangan teknologi baik dalam renovasi menggunting rambut dan perawatan lainnya.

Barbershop sudah menjadi kebutuhan primer untuk pria, dimana penampilan harus ditata dengan cukur rambut sesuai model yang pelanggan inginkan. Yang paling penting yaitu lokasi yang sangat strategis seperti lokasi pada Bulek Barbershop (BBS) yang terletak di Jalan Medan- Banda Aceh Gampong Baroh Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa dengan tarif yang sangat terjangkau untuk penduduk desa. Ciri khas juga sangat membantu dalam melakukan bisnis jasa barbershop ini, jangan terlalu memaksakan diri untuk langsung cepat sukses tetapi tekuni dan berikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

Sebuah bisnis harus di analisa dahulu sebagai tahap rencan untuk menyingkronkan peluang pasar yang akan anda bentuk. Bulek Barbershop disini beda dengan dengan gunting rambut konvensional biasa, bisnis ini mencangkup tingkat kenyamanan serta jasa lainnya yang bisa konsumen dapatkan tidak hanya tempat gunting rambut. Agar alur kerja rapi, anda harus menciptakan sistem yang baik untuk pelanggan, seperti menerapkan budaya antri, terlihat sepele tetapi ini sangat menetukan kenyamanan seluruh pelanggan.

Promosi yang anda buat dari teman ke teman tadi juga memberi efek positif, promosi juga bisa diterapkan dengan membuat website atau media online lainnya dengan menerapkan alamat lengkap. Usaha ini pada umumnya kendala dengan keinginan konsumen yang macam-macam harus dilayani dengan sabar sehingga pemotongan dilakukan secara bertahap menjadi semakin lama. Bagi kalian yang ingin melakukan bisnis ini agar dapat menyusun strategi dengan baik sehingga tidak mengalami kegagalan kedepannya. Untung yang di dapat dari usaha ini sangatlah memuaskan, skill yang kalian punya dapat diterapkan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk kebutuhan hidup.

Bisnis Bulek Barbershop (BBS) ini didirikan pada tahun 2018 oleh seorang mahasiwa IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa bernama Diki Wella dengan skill yang dimiliki dia belajar mengapresiasikan bakatnya kepada teman-teman terlebih dahulu menjadi rutinitasnya sebelum membuka usaha barbershop. Pelatihan-pelatihan juga diikuti untuk menambah ilmu dan teknik dalam memangkas, keahlian mencukur yang dimilikinya secara otodidak sejak di bangku SMA tidak merasa kesulitan daam memulai usahanya.

Bisa dibilang usaha yang dijalankan Diki bukan cukur rambut biasa, memberikan sensasi cukur rambut yang berbeda dengan konsep usaha yang berjiwa muda masa kini membuat Bulek Barbershop (BBS) tak pernah sepi pelanggan. Rasa nyaman yang ditawarkan langsung terasa saat memasuki pintu masuk barbershop, adanya musik mengusir rasa bosan konsumen saat menunggu giliran.
Diki juga menawarkan berbagai gaya potong rambut yang banyak diminati anak muda, paling tidak dapat dilihat dari poster yang ditempel didalam barbershopnya. Kesuksesan yang dialami Diki dalam menjalankan usaha barbershop ini tidak terlepas dari pemasaran yang dilakukan. Jadi buat kalian yang mempunyai skill dalam memangkas dapat memikirkan strategi apa yang akan kalian lakukan agar skill kalian dapat menghasilkan sesuatu.

Buat kalian para lelaki yang ingin tampil keren, rapi dan menarik dapat langsung datang ke Bulek Barbershop (BBS) yang terletak di Gampong Baroh Langsa Lama Kota Langsa. Dapatkan hasil yang memuaskan dengan tarif yang terjangkau, selamat mencoba.

Editor: Zainul Nasti

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan