Sebanyak 82 desa se Kabupaten Labuhanbatu Utara gelar pemilihan calon anggota BPD

  • Bagikan
banner 468x60

LABUHANBATU UTARA | VALITO.ID I Sebanyak 82 desa se Kab. Labuhanbatu Utara (Labura),  melaksanakan pemilihan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), hal tersebut disampaikan oleh Kabag Hukum Pemkab Labuhanbatu Utara, Zahida Hafani, SH, Sabtu (18/4/2020).

Sewaktu di konfirmasi terkait pelaksanaan pimilihan BPD dilaksanakan pada tanggal 18 April. Zahida menjelaskan, jika Pelaksanaan pimelihan BPD dilaksanakan 18 April 2020.

banner 336x280

Ya dek,  tanggal 18 dan 19 April, tanggal 19 bagi gak siap pada tanggal 18, jelas Zahida.

Diketahui, bahwa pemilihan calon anggota BPD dilaksanakan melalui musyawarah perwakilan pemilihan jumlah pemilih dari satu dusun disesuaikan hasil Musyawarah Dusunnya masing-masing.

Bahwa berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Badan Permusyawaratan Desa Pasal 5  berbunyi, anggota BPD merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan yang pengisiannya dilakukan secara demokratis melalui proses pemilihan secara langsung atau melalui musyawarah perwakilan.

Jumlah anggota BPD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan jumlah gasal, paling sedikit 5 (lima) orang dan paling banyak 9 (sembilan) orang. (3) Penetapan Jumlah anggota BPD sebagaimana dimaksud pada ayat (2) memperhatikan jumlah penduduk dan kemampuan keuangan Desa, dengan ketentuan sebagai berikut: a. Desa dengan jumlah penduduk sampai dengan 1.000 jiwa, anggota BPD berjumlah 5 (lima) orang; b. Desa dengan jumlah penduduk 1.001 (seribu satu) jiwa sampai dengan 3.500 (tiga ribu lima ratus) jiwa, anggota BPD berjumlah 7 (tujuh) orang; dan c. Desa dengan jumlah penduduk lebih dari 3.501 (tiga ribu lima ratus satu) jiwa, anggota BPD berjumlah 9 (sembilan) orang. (4) Wilayah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah wilayah pemilihan yang merupakan wilayah Dusun.

Pada Pasal 6 berbunyi

Jumlah anggota BPD ditetapkan berdasarkan jumlah penduduk Desa sesuai data kependudukan pada tahun sebelumnya.

Pada Pasal 7  berbunyi

Pengisian calon keanggotaan BPD dilakukan melalui: a. pengisian anggota BPD berdasarkan keterwakilan Dusun; dan b. pengisian anggota BPD berdasarkan keterwakilan perempuan.

Pasal 8 (1) Pengisian anggota BPD berdasarkan keterwakilan Dusun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf a, dilakukan untuk memilih calon anggota BPD dari unsur wakil Dusun ditetapkan secara proporsional dengan memperhatikan jumlah penduduk. (2) Calon Anggota BPD dari masing-masing Dusun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah masyarakat dari tiap-tiap Dusun yang merupakan wilayah pemilihan dalam Desa.

Dusun Wilayah pemilihan dalam desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) adalah Dusun yang telah ditetapkan memiliki wakil dengan jumlah tertentu dalam keanggotaan BPD.

Pasal 9 (1) Pengisian anggota BPD berdasarkan keterwakilan perempuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b, dilakukan untuk memilih 1 (satu) orang perempuan sebagai anggota  BPD. (2) Wakil perempuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah perempuan warga Desa yang memenuhi syarat calon anggota BPD serta memiliki kemampuan dalam menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan perempuan. (3) Pemilihan unsur wakil perempuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh perempuan warga Desa yang memiliki hak pilih.

Jumlah yang punya hak suara memilih disesuaikan dengan ketentuan musyawarah bang, di tempat kami jumlah yang punya hak suara sebanyak 30 orang, kata seorang warga Aek Natas.

Terpisah salah satu calon anggota BPD  di Kualuh Hulu mengatakan, bahwa di tempatnya keterwakilan memilih untuk calon anggota BPD-nya  sebanyak 11 orang.(Darwin Marpaung)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan