Santri Ini Bikin Aplikasi Manajemen Santri untuk Mudahkan Pengelolaan Pesantren

  • Bagikan
banner 468x60

Yogyakarta. Valitod.ID.  Hari Senin tanggal 15 Juni 2020 lalu, bertempat Yogyakarta, sebuah situs bernama Pesantri.com telah diluncurkan. Pesantri.com sendiri adalah sistem manajemen santri terpadu berbasis SaaS (Software as a Services atau perangkat lunak berbentuk layanan) yang diperuntukkan bagi pesantren secara gratis.

Pesantri ini dikembangkan oleh beberapa alumni pesantren yang selama ini memang fokus dalam industri teknologi informasi secara profesional. Tim tersebut terdiri dari Ulul Albab (alumni Pesantren Zainul Hasan, Genggong) yang merupakan inisiator pembuatan aplikasi tersebut; Rio yang membantu proses development dan merupakan alumni dari pesantren yang sama dengan Ulul; dan Najih alumni pesantren Raudlatul Ulum, Guyangan yang membantu dari sisi manajemen dan analisis kebutuhan pesantren dan orang tua santri.

banner 336x280

Kami juga berkesempatan mewawancarai secara langsung inisiator dari pembuatan aplikasi pesantri yang akrab disapa Mas Ulul ini. Berikut wawancara kami dengan Ulul Albab, inisisiator Pesantri.com:

Bisa dijelaskan, apa itu Pesantri.com?

Jadi, Pesantri itu merupakan aplikasi web base yang akan mengakomodir pengelolaan pesantren secara digital. Seperti kita ketahui pesantren di Indonesia itu sangat banyak, meskipun beberapa sudah mulai mengakomodir perkembangan teknologi dan pengelolaannya juga sudah berbasis IT tapi karena banyak itu jadi gak semua pesantren bisa seperti itu. Terlebih pesantren yang baru merintis atau berada di pelosok desa yang mungkin belum tahu pengelolaan seperti ini.

Ini kan masih masa pandemi, mengapa Pesantri.com diluncurkan sekarang?

Nah malah sebenarnya pandemi inilah yang mendorong kami untuk secepatnya meluncurkan aplikasi ini. Ini kan bulan Syawal, dan pesantren biasanya membuka pendaftaran santri baru itu di bulan-bulan ini. Kenapa masalah, karena selama ini kebanyakan pesantren masih menggunakan sistem tatap muka langsung dalam pendaftaran dan ini kan tidak memungkinkan di masa pandemik ini terlebih pesantren yang jumlah pendaftar setiap tahunnya berjumlah ratusan dan itu berasal dari luar daerah. Sedangkan pesantren untuk merubah sistem yang lama ke sistem baru itu kan tidak mudah, nah kita coba masuk disini untuk membantu pesantren. Ini murni karena kepedulian kami sebagai alumni pesantren juga.

Apa kelebihan dari Pesantri.com dan fitur apa yang disediakan di aplikasi tersebut?

Kelebihan pesantri itu salah satunya terletak di fitur pencatatannya, jadi secara administratif dalam pencatatan data di pesantri selain bisa secara otomatis juga mendukung pencatatan secara manual baik untuk pembayaran, administrasi data santri dan pencatatan lainnya. Mengapa? Karena seperti yang sudah saya bilang di awal bahwa pesantri ini adalah aplikasi untuk membantu pesantren yang sebelumnya pengelolaannya masih manual ke arah pengelolaan digital, sehingga perlu dilakukan secara perlahan. Kemudian untuk fiturnya sendiri untuk milestone pertama ini terdiri dari fitur pendaftaran, pembayaran, pencatatan pendaftaran, pencatatan keuangan, pencatatan alumni dan analisis asal daerah santri.

Jadi pesantri ini ada di satu perusahaan dengan SuitCareer, yaitu PT Alba Integrasi Solusi. Dan alasan lebih pasnya sebenarnya lebih karena keamanan saja, di situasi pandemi ini tentunya akan sangat riskan kalau bikin acara di luar dan pastinya susah nyari tempat di luar, makanya kita pilih di kantor dengan peserta terbatas pada karyawan dan sedikit tamu undangan saja.[]

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan