Rusia usir NATO di Ukraina, ini kata NATO…

  • Bagikan
banner 468x60

INTERNASIONAL | VALITO.ID

NATO akan membahas proposal keamanan Rusia tetapi tidak akan membiarkan Moskow mendikte postur militer aliansi, kata Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht saat mengunjungi pasukan Jerman yang berbasis di Lithuania untuk mencegah serangan Rusia, Minggu, 19 Desember 2021.

banner 336x280

Sebelumnya, Rusia menetapkan daftar tuntutan untuk Barat yang mencakup penarikan batalyon NATO dari Polandia dan Estonia, Latvia dan Lithuania, yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet.

Rusia juga menuntut jaminan yang mengikat secara hukum bahwa NATO akan menghentikan semua aktivitas militer di Eropa Timur dan Ukraina, serta veto Rusia atas keanggotaan NATO di masa depan untuk Ukraina yang telah dikesampingkan oleh Barat.

Kita perlu menyelesaikan ketegangan saat ini di tingkat diplomatik tetapi juga dengan memasang pencegahan yang kredibel, kata Lambrecht kepada wartawan di Rukla pada kunjungan pertamanya ke pasukan Jerman di luar negeri.

Unit-unit tempur, yang dikerahkan tiga tahun setelah pencaplokan Moskow atas semenanjung Krimea di Ukraina pada 2014, dimaksudkan untuk menghentikan serangan dan mempersingkat waktu bagi pasukan NATO tambahan untuk tiba di garis depan.

Kami akan membahas proposal Rusia … Tetapi tidak mungkin Rusia mendikte mitra NATO tentang postur mereka, dan itu adalah sesuatu yang akan kami jelaskan dengan sangat jelas dalam pembicaraan (minggu depan di dewan NATO), katanya.(Reuters/tempo)

banner 336x280
Penulis: Sumber: Reuters/tempoEditor: Zainul Nst
banner 120x600
  • Bagikan