Rusia siap kerahkan tank tempur utama T-14 Armata, sudah teruji dalam perang Suriah

  • Bagikan
banner 468x60

INTERNASIONAL | VALITO.ID

Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoigu mengungkapkan bahwa tank tempur utama T-14 Armata akan dikerahkan pada tahun 2022.

banner 336x280

Tank tempur utama T-14 Armata sangat diandalkan dengan kemampuan bisa beroperasi di semua medan peperangan.

Tank tersebut telah diuji di Suriah, di mana Rusia mendukung pemerintah lokal memerangi teroris.

Terkait produksi tank tempur, perusahaan Uralvagonzavod belum lama ini merilis video kekuatan tank Rusia dari berbegai generasi.

Video menampilkan keunggulan tank militer Rusia mulai dari kendaraan yang diproduksi selama Perang Dunia II hingga tempur mutakhir T-14 Armata.

Difilmkan bertepatan dengan peringatan 80 tahun perusahaan, klip Uralvagonzavod menampilkan generasi terbaru T-34-85.

Ditayangkan pula tank medium ikonik yang terkenal digunakan bersama Tentara Merah selama Perang Dunia II; T-90M, dan pembaruan modern dari tank tempur utama Rusia tahun 1990-an.

Dalam video tersebut, ketiga kendaraan secara serempak melakukan putaran U di atas es sebelum Armata kemudian menunjukkan kemampuan mendaki bukitnya. Rekaman berakhir dengan T-90M menembakkan senjatanya.

Dikutip dari rt.com, Uralvagonzavod, terletak di kota Nizhny Tagil, lebih dari 1.000 km timur Moskow, adalah produsen tank tempur utama terbesar di dunia.

Didirikan pada tahun 1936, perusahaan ini juga memproduksi gerbong kereta, kendaraan pembangun jalan, dan produk metalurgi.

Pada tahun 2014, Presiden AS Barack Obama menjatuhkan sanksi kepada perusahaan tersebut dengan menambahkannya ke Daftar Warga Negara yang Ditunjuk Khusus untuk dugaan campur tangan Rusia di Ukraina, serta penyerapan kembali semenanjung Krimea.(zp)

banner 336x280
Editor: Zainul Nst
banner 120x600
  • Bagikan