banner 728x250

Pungli diduga marak ditubuh PUK SPSI Hutalombang 

  • Bagikan
Pungli diduga marak ditubuh PUK SPSI Hutalombang.(Tan)
banner 468x60

PADANG LAWAS | Pungutan liar (pungli) diduga kuat marak terjadi ditubuh organisasi F SPTI-F SPSI PUK Hutalombang unit PT VAL. Salah satunya, hendak masuk anggota PUK SPSI Unit PT VAL Hutalombang, dikenakan biaya sebesar Rp18 juta. 

Informasi yang diterima VALITO.id dan Metro Tabagsel, hal ini terungkap menyusul 27 anggota lama yang masih bersoal dengan pengurus PUK Hutalombang. Mereka terkesan tidak dianggap keanggotaanya, dan malah pengurus PUK menerima anggota baru berkisar 88 orang. 

banner 336x280

Dengan adanya anggota baru ini, pihak pengurus PUK yang didominasi pihak keluarga H Adanan Hasibuan selaku ketua, yang sudah lama menjabat, disinyalir melakukan pungli. Motifnya diduga sebagai uang kartu anggota baru. Kuat dugaan kartu keanggotaan diperjualbelikan dengan harga Rp18 juta-Rp20 juta. 

Disisi lain, sesuai AD/ART federasi buruh ini, pergantian kartu anggota dilakukan sekali dalam tiga tahun. Bagi anggota baru yang sudah terlanjur membayar, yang dibuktikan dengan kwitansi bermaterai, diberikan surat pengganti.

“Sebelum keluar kartu, Karena pengurusan/perpanjangan kartu itu sekali tiga tahun. Namun ada yang masuk ditengah, belum bisa urus kartu. Lalu diberikan lah surat pengganti kartu tadi dari pengurus PUK,” terang Daulay, salah satu anggota lama PUK Hutalombang. 

Sementara wakil ketua PUK SPSI Hutalombang, yang juga penerima biaya anggota baru itu, dalam kwitansi yang diterima Metro Tabagsel, Sutan Hasibuan saat dikonfirmasi mengaku telah menyerahkan persoalan ini sepenuhnya ke kuasa hukum. 

“Kalau mau konfirmasi mengenai SPSI, silahkan ke kuasa Hukum Donna Siregar,” katanya lewat pesan singkat, yang iringi ikut campur Humas PT Mazuma Agro Indonesia, Basaruddin Hasibuan. 

Pengacara Donna Siregar SH selaku kuasa hukum PUK SPSI Hutalombang menyebut perihal setoran uang dari anggota ke pengurus PUK sudah selesai. Itu ditandai dengan diberikannya kesempatan bekerja di unit PT VAL melalui federasi PUK SPSI Hutalombang. 
Donna sempat membantah, biaya belasan juta itu. Saat disinggung bukti kwitansi bermaterai yang diteken Sutan Hasibuan, kata Donna itu belum tentu benar. Dan memang tidak ada dasar hukum yang mengikat pembiayaan bervariasi, belasan hingga puluhan juta tersebut. 
“Kwitansi itu kebenarannya bisa dibuktikan dengan hasil forensik,” ujar Donna Siregar.

Pewarta: Tan

Editor: Zainul Nasti

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan