Puluhan warga sampaikan protes  terhadap panitia pemilihan calon BPD Desa Simangalam

  • Bagikan
banner 468x60

 LABUHANBATU UTARA | VALITO.ID | Puluhan  warga Desa Simangalam menyampaikan keberatan dan protes kepada panitia pemilihan calon anggota BPD Desa Simangalam, Sabtu,(18/4/2020) di depan Kantor Kepala Desa Simangalam.

Puluhan warga yang merasa keberatan atas tindakan dan keputusan oleh panitia pemilihan calon anggota BPD Desa Simangalam ramai-ramai datang  ke depan kantor Kepala Desa Simangalam dimana berlangsungnya pemilihan calon anggota BPD Desa Simangalam dilaksanakan.

banner 336x280

Adapun protes yang diajukan warga tersebut, yakni warga menuding panitia pemilihan calon anggota BPD telah berbuat curang dan ada permainan (kongkalikong) antara panitia  dengan  kepala desa sehingga menggugurkan salah seorang balon yang hendak turut  berkompetisi pemilihan calon anggota BPD tersebut.

Kami mau ketua panitia datang kemari, mana ketua panitia, kami mau berjumpa dengannya, sebut salah satu warga, M Yunus Lubis di depan kantor Kepala Desa Simangalam.

Melihat ramainya orang yang datang beberapa petugas Kepolisian yang PAM dilokasi itu pun menghampiri warga yang datang.

Salah satu petugas Kepolisian, Aiptu R. Hutagaol pun menanyakan tujuan kedatangan warga tersebut.

Ada apa orang bapak-bapak datang ramai-ramai kemari, tanya petugas.

Kami datang kemari mau menyampaikan protes dugaan  kecurangan yang dilakukan panitia pemilihan calon anggota BPD Desa Simangalam dan kami mau menyerahkan langsung  surat keberatan kami kepada ketua panitia,  jawab M Yunus Lubis.

Pihak petugas Kepolisian menjelaskan, bahwa di dalam sedang berlangsungnya pemilihan, ketua panitia tidak dapat di temui.

Ketua panitia sibuk,  jadi ketua tidak bisa diganggu, sebaiknya tunggu saja setelah selesai nanti ketua kan keluar, kata petugas Kepolisian, Aiptu R Hutagaol.

Mendengar penjelasan dari petugas Kepolisian, Aiptu R. Hutagaol, warga pun merasa tidak puas.

Kami maunya sekarang juga, ucap Yunus dengan lantang.

Mempertimbangkan situasi dan kondisi pihak Kepolisian mengkomunikasikan hal tersebut kepada ketua panitia dan akhirnya Ketua Panitia, Surya Bakti Situmorang datang menemui warga untuk menerima langsung surat yang dibawa masyarakat.

Setelah surat tersebut diterima oleh ketua panitia dan tim pengawas dari kecamatan, Jahri, masyarakat yang datang membubarkan diri dengan tertib.

Berdasarkan informasi yang di kutip dari media, adapun yang menjadi persoalan menurut masyarakat, bahwa salah satu calon BPD, Mulyadi Hasibuan telah mendaftarkan diri  untuk ikut dalam calon anggota BPD.  Dikarenakan ada persyaratanya yang kurang, maka panitia pemilihan calon anggota BPD menggugurkan Mulyadi Hasibuan dari calon anggota BPD Desa Simangalam.

Kita menerima calon yang cukup syaratnya, bagi warga yang mendaftar tidak cukup syarat tidak kita terima, ucap Surya Bakti Situmorang.

Kepada wartawan, Mulyadi memaparkan, bahwa syarat yang diinginkan oleh panitia sudah dipenuhinya, namun karena ada kesalahan sedikit panitia langsung menggugurkannya tanpa ada toleransi.

Sudah saya penuhi persyaratan yang diinginkan oleh panitia namun karena ada kesahan sedikit panitia meminta agar dilakukan perbaikan. Ada pun persyaratan yang mau di perbaiki itu adalah tanggal lahir disurat domisili,  ketika saya datang ke kantor Kepala Desa Simangalam, kades tidak ada, dan saya memohon agar sekdes yang mengeluarkannya, namun sekdes tidak mau kalau tidak ada ijin dari kepala desa, ujar Mulyadi.

Kemudian saya menghubungi kepala desa ke no HP pribadinya, tapi kepala desa tidak mengizinkan sekdes yang menandatangani surat domisili itu. Memang akhirnya ditanda tangani oleh kades sendiri, namun sudah terlambat panitia sudah menutup perbaikan berkas.  Karena itulah saya di gugurkan dari Calon Anggota BPD, kata Mulyadi.

Mulyadi menuding  panitia, jika kepala desa sengaja bermain agar dirinya digugurkan.

Kemungkinan sudah dikondisikannya ini agar saya gugur, sebab anak ketua panitia kan ikut calon anggota BPD. 2  orang kakak beradik,  yaitu yang  pertama bernama Tengku Melinda Sitomorang  yang kedua  adiknya Rani Situmorang, papar Mulyadi.

Seorang warga yang berada ditempat itu juga menyampaikan bahwa ada  calon-calon anggota BPD anak beranak yang maju menjadi calon, yakni ada  anak laki-laki dan ayahnya dan anak perempuan dengan ayahnya, sebut warga.

Terkait yang ditudingkan warga, Asinius Marpaung selaku Kepala Desa Simangalam menjelaskan bahwa apa yang dituduhkan kepadanya  itu tidak benar.

Sebab surat domisli itu sudah saya tanda tangani. Karena ada kesalahan makanya diminta panitia agar dibuat perbaikan berkasnya. Waktu itu saya tidak ditempat dan saya tidak mengizinkan sekdes yang menanda tangani surat itu. Namun akhirnyakan saya tanda tangani juga, kata Asinius.(Darwin Marpaung)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan