banner 728x250

PSU Labuhanbatu sukses, tanpa money politik

  • Bagikan
banner 468x60

LABUHANBATU | Pelaksanaan PSU (Pemungutan Suara Ulang) pasca putusan Mahkamah Konstitusi melalui penetapan pelaksanaan tanggal sudah terlaksana dengan sukses dan menghasilkan perolehan suara yang pasangan ERA untuk sementara unggul 310 suara dari pasangan ASRI.

Proses pelaksanaan PSU berjalan tanpa ada permainan “Money Politik” hanya adanya laporan berupa pemilih yang menggunakan kartu keluarga.
Itu dikatakan Makmur Ketua Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Labuhanbatu saat di konfirmasi apakah pihak Bawaslu ada menerima laporan masyarakat yang melakukan transaksi Money Politik menerima sesuatu pemberian uang oleh salah satu pasangan calon.

banner 336x280

“Hingga hari ini tidak ada warga yang melaporkan money politik, adapun hanya laporan tentang pemakaian kartu keluarga,” jawabnya via selular, Senin, (26/4/2021).

Namun Makmur tidak menampik adanya isu permainan money politik yang di beredar tetapi itu tidak bisa di buktikan bila tidak ada laporan. Kalau sekedar isu tidak bisa di jadikan bukti, pihak Bawaslu menindak lanjuti masalah setelaha adanya laporan dan hingga kini temuan money politik tidak ada.

“Kalau isu memang ada, tetapi tidak bisa menjadi bukti bila tidak ada yang melaporkan,” terangnya menambahkan bila memang ada warga yang mau secara jujur melaporkan bahwa telah terjadi money politik pihaknya siap menindak lanjuti tetapi juga harus melihat tanggal kejadian apakah masih dalam batas waktu, bila sudah lewat waktu laporan tidak berlaku.

Melihat perolehan suara yang terjadi hanya mengarah kepada kedua pasangan calon ERA nomor urut 2 dan ASRI nomor urut 3 sedangkan pasangan lain terkesan terabaikan para pemilih yang notabene adalah pemilihan yang memilih pasangan lain.

Perolehan data hasil rekapitulasi sementara yang beredar baik di media sosial, ada 2.848 pemilih yang menggunakan hak suaranya dari total 3.167 (DPT 2987, DPTh 33 dan DPTb 147) pemilih yang berhak mengikuti PSU. Itu artinya tingkat partisipasi pemilih dalam PSU ini, cukup tinggi, yakni mencapai 90 %.

Dari jumlah 2.848 jumlah pengguna hak suara tersebut, sebanyak 1.820 orang memilih paslon 02 Erik Adtrada Ritonga – Ellya Rosa SSiregar (ERA) Sementara pasangan petahana Andi Suhaimi Dalimunthe – Faizal Amri Siregar (ASRI) dipilih oleh 1.017 orang.
Dari berbagai tempat para warga yang membahas masalah pelaksanaaan PSU di Kabupaten Labuhanbatu kerap di kaitan dengan money politik. Bahwa nilai satu suara bervariasi berkisaran dua ribu bahkan tiga ribu (istilah seribu sebutan untuk satu juta).

Pewarta: Rico

Editor: Zainul Nasti

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan