banner 728x250

Plt Kadis PMD Labuhanbatu: Tidak bangkitnya usaha Bumdes di Desa-desa, ini perlu dilakukan evaluasi lagi untuk kedepannya

  • Bagikan
banner 468x60

LABUHANBATU | Penggunaan dana BUMDES di Labuhanbatu Plt Kadis Pemerintah Masyarakat dan Desa (PMD) Hobol Rangkuti, sebagai pelaksana tugas yang baru ditubuh OPD Dinas PMD, melakukan evaluasi Besar-besaran kepada seluruh Ketua serta kepengurusan badanusaha milik Desa (bumdes) se-Kabupaten Labuhanbatu, Senin (15/2/2021).

Hobol Rangkuti yang juga menjabat sebagai Kepala Defenitif Badan Perencanaan Daerah ( Bappeda ) Kabupaten Labuhanbatu itu, mengundang serta mengumpulkan seluruh ketua serta pengurusan Bumdes se-kabupaten labuhanbatu diruang aula data Dinas PMD.

banner 336x280

Dalam rapat yang dipimpin Hobol Rangkuti, terungkap bahwa, 44 Bumdes dinyatakan aktif. Sedang 22 Bumdes tidak aktif dan 3 Bumdes dinyatakan tidak jelas.

“Selama ini Bumdes tidak mempunyai perencanaan anggaran yang matang untuk kedepannya. Dan, tidak mempunyai laporan keuangan yang jelas untuk dipertanggungjawabkan dalam capaian Ekonomi usaha Bumdes se-kabupaten Labuhanbatu. Sehingga berakibat tidak bangkitnya usaha Bumdes di Desa-desa. Ini perlu dilakukan evaluasi lagi untuk kedepannya,” kata Hobol dalam rapat bersama ketua serta pengurus Bumdes.

Plt Kadis PMD Kabupaten Labuhanbatu juga menyampaikan sangat prihatin dan menyayangkan, adanya 22 Bumdes di 22 desa yang mana usaha Bumdesnya tidak pernah aktif lagi.

Ironisnya, diketahui sejak lima (5) Tahun lalu, dari 75 Desa se-Kabupaten Labuhanbatu, hanya 44 Bumdes yang aktif. Dan, 22 Bumdes tidak aktif lagi. Artinya, ada 3 Desa di Kabupaten Labuhanbatu tidak ada memiliki usaha Bumdes sesuai jumlah dari 75 Desa tersebut.

“Miris, selama kurun 5 Tahun, sejak Tahun anggaran 2016 lalu, sampai di Tahun anggaran 2021, Bumdes di Daerah Kabupaten Labuhanbatu, tidak jelas laporan pertanggungjawabannya didalam pembinaan kepengurusan usaha Bumdes di 75 Desa se-Kabupaten Labuhanbatu. Ini ada apa terhadap anggaran yang diperuntukkan kepada unit usaha Bumdes tersebut?

Sebab, diketahui sebelumnya dari sumber yaitu mantan Kadis PMD Kabupaten Labuhanbatu Zaid Harahap periode Tahun 2014 – 2018, pernah menyatakan, bantuan suntikan untuk usaha Bumdes diperkirakan mencapai Rp 350 juta rupiah per usaha Bumdes se-Kabupaten Labuhanbatu,” ujar Hobol.

Pewarta: Rico
Editor: Zainul Nasti

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan