Petugas medis di RSU Rantauprapat terpapar Covid 19

  • Bagikan
banner 468x60

VALITO.ID | LABUHANBATU | Semakin bertambah korban terpapar virus corona (Covid-19) di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, terus bertambah. Info termbaru, 1 dokter senior spesialis penyakit dalam yang juga konsultan ginjal dan hipertensi serta 2 orang perawat dan 1 petugas rekam medis RSUD Rantauprapat dikabarkan terpapar Covid-19.

Hasil pemeriksaan swab menunjukkan tenaga-tenaga medis itu positif Sars Cov-2. Satu di antara perawat itu saat ini dirawat intensif di RSU Bunda Thamrin Medan.

banner 336x280

Direktur RSUD Rantauprapat melalui Humas Dony Simamora membenarkan informasi tersebut. Katanya, satu dokter, 2 perawat dan 1 petugas rekam medis. Semuanya berjenis kelamin laki-laki.

Hasil test swab dari Rumah Sakit Bunda Thamrin Medan, perawat itu terkonfirmasi positif Covid-19, kata Dony Simamora menjawab rekam media melalui telepon seluler, Selasa (8/9/2020).

Disebutkanya, dari mereka yang terpapar, seorang dirawat di RSU Bunda Thamrin dan 3 menjalani isolasi mandiri di Medan karena tanpa gejala dan keadaannya sehat, sejak akhir pekan lalu.

Perawat itu, satu warga Rantauprapat. Dua warga Kabupaten Labuhanbatu Utara dan 1 warga Padangsidempuan. Mereka bertiga kos di Rantauprapat, katanya.

Dokter KA SpPD KGH juga isolasi mandiri di rumah. Kabarnya, sudah sepekan dokter yang sudah pensiun dari PNS itu menjalani isolasi mandiri. Awalnya diisolasi di rumahnya Jalan Ahmad Yani Rantauprapat, kemudian diisolasi mandiri di rumahnya di Medan.

Informasi yang dihimpun wartawan, dr KA SpPD KGH dikontrak manajemen RSUD Rantauprapat untuk menangani pasien gagal ginjal (hemodialisa) atau cuci darah dan endoskopi atau pemeriksaan untuk melihat kondisi organ tubuh tertentu secara visual, dengan menggunakan alat khusus yang disebut endoskop.

Lima tenaga medis itu menambah jumlah korban penularan Covid-19 di Labuhanbatu, menyusul 2 dokter yang terpapar duluan. Sebelumnya, 2 warga telah meninggal dunia, 5 sehat dan 9 karyawan PTPN3 Kebun Rantauprapat sedang berjuang untuk sembuh dari Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu melalui Kabid Pencegahan Pengendalian dan Penyakit (P2P), Rahmat Hasibuan ketika dikonfirmasi wartawan, menyebut hasil test swab dari Rumah Sakit Bunda Thamrin Medan, tenaga kesehatan itu terkonfirmasi positif Covid-19, sesuai laporan pihak RSUD Rantauprapat.

Memang benar. Laporannya baru disampaikan pihak RSU Rantauprapat. Saya langsung mendatangi rumah sakit dan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit tentang hasil test Swab dari RSU Bunda Thamrin Medan, sebut Rahmat.

Pewarta: Zainul Hasibuan 

Editor: Arif

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan