Perempuan Pulau Arar Menghasilkan Aneka Olahan Rumput Laut

  • Bagikan
banner 468x60

Oleh Eva Mayasari, M.Si

Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Perempuan Dalam Pengembangan Aneka Produk Olahan Rumput Laut di Kampung Arar Distrik Mayamuk kabupaten Sorong bertujuan untuk melatih dan mendampingi kaum perempuan kampung Arar untuk mengembangkan aneka produk olahan rumput laut seperti kerupuk, permen jelly dan tepung rumput laut. Hal ini perlu dilaksanakan karena selama ini rumput laut hasil produksi kampung Arar hanya dijual dalam bentuk basah dan kering yang harganya relative rendah dan belum memiliki nilai tambah. Program ini bekerjasama dengan Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan BUMDes Arar Mandiri. Kegiatan ini telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan dengan luaran berhasil dicapai diantaranya Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan kerupuk rumput laut, pelatihan dan pendapingan pembuatan permen jelly rumput laut, pelatihan dan pendampingan pembuatan tepung rumput laut, pelatihan pengemasan aneka produk olahan rumput laut. 

banner 336x280

Kegiatan persiapan dilaksanakan pada hari Senin Tanggal 17 Februari 2020. Tim pengabdi melakukan survey pendataan dan diskusi dengan perwakilan masyarakat di kampung Arar mengenai prosedur penyediaan dan pembelian bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan pelatihan pengolahan aneka produk rumput laut. Setelah itu, masing-masing perwakilan tim pengabdi dan warga kampung Arar bekerjasama melakukan pembelian dan penyedia bahan/peralatan pelatihan. Bahan-bahan yang diperlukan adalah rumput laut, tepung tapioka, bawang putih, soda kue, garam, seledri, gula, asam sutrat, kapur, sirup glukosa cair, KOH. Sedangkan peralatan yang diperlukan untuk pelatihan pengolahan antara lain baskom, panci, kompor, oven, pisau, ayakan, wajan, nampan, blender, sendok, spatula. Kegiatan Pelaksanaan program dilakukan selama 3 hari. Pelatihan hari pertama dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 19 Februari 2020. Kegiatan diawali dengan pemberian kata sambutan dari aparat desa, perwakilan dari pemerintah Kabupaten Sorong, diikuti oleh pembukaan oleh dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pendidikan Muhammadiyah. Selanjutnya pemaparan materi mengenai kandungan dan manfaat rumput laut.

Kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Tim Pengabdi Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong berupa Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Perempuan Dalam Pengembangan Aneka Produk Olahan Rumput Laut Di Kampung Arar Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong, dengan hasil yang diharapkan diantaranya memberikan kesempatan pada kaum perempuan di kampung Arar untuk berperan dalam meningkatkan ekonomi keluarga melalui produksi aneka produk olahan berbahan dasar rumput laut, Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum perempuan di kampung Arar adalah pelatihan pendampingan pembuatan kerupuk rumput laut, pelatihan dan pendampingan pembuatan permen jelly rumput laut, pelatihan dan pendampingan pembuatan tepung rumput laut, dan pelatihan pengemasan aneka produk olahan rumput laut. Diharapkan juga  Peserta memberikan tanggapan yang positif terhadap kegiatan pelatihan pendampingan pembuatan aneka produk olahan berbahan dasar rumput laut.[Valito]

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan