banner 728x250

Peralatan untuk test Corona tiba, Bupati Taput Ucapkan Terima Kasih ke Pemerintah Provinsi Sumut

  • Bagikan
Peralatan untuk test Corona tiba, Bupati Taput Ucapkan Terima Kasih ke Pemerintah Provinsi Sumut
banner 468x60

TAPANULI UTARA | VALITO.ID | Bupati Tapanuli Utara (Taput), Drs Nikson Nababan, M.Si mengucapkan terimakasihnya kepada Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumut atas pemberian peralatan untuk Swab Test VTM ( Viral Transport Medium) yang berfungsi untuk pengambilan sample guna Swab test di RSUD Tarutung.

“Akhirnya hari ini kita diberikan melalui Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara peralatan untuk swab Test VTM ( Viral Transport Medium) untuk pengambilan sample guna Swab test di RSUD Tarutung,” jelas Bupati Tapanuli Utara (Taput), Drs Nikson Nababan, M.Si, Jum’at, (17/4/2020).

banner 336x280

“Pasien yang memiliki gejala yang ditetapkan sebagai PDP diisolasi di Rumah Sakit Tarutung, dilakukan pemeriksaan Rontgen dan Rapid Test dan apabila positif, akan dipastikan lewat Swab test PCR sehingga pasien tidak harus dirujuk ke Medan untuk test ini untuk di ambil sample lendir mulut dan dikirim ke Jakarta lagi dan harus menunggu antrian pemeriksaan sehingga membutuhkan waktu paling cepat 7 hari,” jelasnya.

Dikatakan Nikson, bahwa melalui alat tersebut, RSUD tinggal mengirim ke RS USU medan. “Hasil paling lama 2,3 hari dapat. Semua upaya yang kita lakukan untuk melindungi masyarakat Tapanuli Utara dari ganasnya virus ini,” ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati melalui via WA, bahwa semua prosedur dan protokol penanganan PDP Covid-19 tersebut sudah di atur, bukan untuk kepentingan pemerintah dan negara, tetapi untuk keselamatan masyarakat.

“Segala upaya saya lakukan yang terbaik untuk masyarakat Taput, masyarakat harus tahu apa itu COVID-19 dan bagaimana penyebaran nya. Kita sudah sosialisasikan selalu, gunakan masker setiap keluar rumah, perilaku hidup bersih dengan cuci tangan dan jaga jarak,” terang Nikson.

Menurut Bupati, setiap OPD dan PDP harus isolasi dan isolasi mandiri, menghindari penyebaran yang sangat cepat. “Jadi, mari semua berusaha karena usaha pemerintah akan sia sia apabila tidak seiring dengan masyarakat,” ujarnya.

“Kita harus seirama memerangi virus ini, jangan saling mencurigai dan berkecil hati karena virus ini bukan aib, tetapi ini sudah menjadi bencana nasional. Pemerintah tetap berusaha, masyarakat mengikuti aturan untuk keselamatan kita bersama,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si mengucapkan terima kasih atas sumbangan para donatur yang memberikan perhatian mendukung Pemerintah dan Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara. (Red – Iwan Setyawan)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan