Pemkab Labuhanbatu lakukan koordinasi dengan PT. Bank Sumut mengenai Elektronik Transaksi Pendapatan Daerah (ETPD)

  • Bagikan
banner 468x60

LABUHANBATU | VALITO.ID

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, yang diwakili oleh Plt. Kepala Bapenda, Plt. Inspektur Daerah, Plt. Kepala Dinas Kominfo, Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Plt. Kepala Dinas Perhubungan, dan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu kembali melakukan koordinasi dengan PT. Bank Sumut mengenai Elektronik Transaksi Pendapatan Daerah (ETPD) di Kantor Pusat Bank Sumut di Jalan Imam Bonjol, Medan, Kamis (24/02/2022). 

banner 336x280

Adapun koordinasi ini merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Pemkab Labuhanbatu bersama Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Labuhanbatu yang diketuai oleh Arjan Priadi Ritonga pertengahan Februari lalu yang membahas mengenai smart goverment, e-PBB, e-BPHTB, e-retribusi, dan tapping box.

Koordinasi lanjutan ini membahas mengenai tentang teknis mengaplikasikan Smart City seperti E-parkir, E-sampah dan E-pasar dan retribusi Pajak daerah yang dipaparkan oleh Direktur Pemasaran Bank Sumut Sabar Ginting. 

Sabar menjelaskan Smart City adalah kota yang melakukan upaya inovatif menggunakan teknologi informasi serta pemanfaatan ekosistem non tunai untuk meningkatkan efisiensi operasional, berbagi informasi publik dan meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah serta kesejahteraan warga. 

Untuk mendukung Smart City, sekitar 32% Layanan Digital (E-channel) Bank Sumut diperuntukkan bagi Pemerintah Daerah. Untuk menunjang pendapatan daerah seperti pajak dan retribusi terdapat eSTS, ePBB, eBPHTB, eKIR, eParkir, Tapping box, dan e-SAMSAT. Untuk mengatur pengeluaran daerah seperi subsidi & bansos, pembangunam dan pengeluaran rutin disediakan CMS KASDA, CMS OPD, dan Int SIPD. 

Sebelum mencapai Smart City, tahap awal adalah membentuk Smart Society, yaitu masyarakat yang terbiasa dengan layanan digital. Sabar menjelaskan solusi yang diberikan Bank Sumut kepada Pemkab Labuhanbatu berupa layanan yang fokus mengenai Pasar, Kebersihan dan parkir. Adapun layanan digital yang diberikan oleh Bank Sumut adalah Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), SumutLink, Virtual Account, Kartu Debet, Mobile Banking, Internet Banking, dan Uang Elektronik.

Sabar mengatakan Bank Sumut siap membantu Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu meningkatkan PAD dengan memberikan pelayanan digital yang memudahkan setiap transaksi.

“Kami dari Bank Sumut siap membantu Pemkab Labuhanbatu, memudahkan transaksi dengan solusi layanan digital, dan semoga kedepannya PAD Kabupaten Labuhanbatu bisa terus meningkat,” harap Sabar Ginting.

Kepala Bapenda Labuhanbatu Muslih mengatakan Bank Sumut, Bapenda, Diskominfo, Dishub , Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian akan bekerjasama. Direncanakan QRIS akan dilaksanakan launching pada bulan Maret sehingga terintegrasi pembayaran retribusi masing-masing OPD.

banner 336x280
Penulis: RicoEditor: Zainul Nst
banner 120x600
  • Bagikan