Pembangunan Drainase di salah satu desa di Batang Toru menjadi pertanyaan dan kejanggalan

  • Bagikan
banner 468x60

TAPSEL | VALITO.ID

Aneh tapi nyata hal ini yang bisa dikatakan, Rabu 9 3 2022 awak media melihat kejanggalan dalam pekerjaan disalah satu Desa tepat nya Desa Batang Toru, Kecamatan Batang toru Kabupaten Tapanuli Selatan yang memakai dana APBD Dimana dalam Plang tertuang pekerjaan pembangunan Drainase/Paret Beton No Kontrak : 620/1065/SPK/PPK-BM IV /PL/APBD/PUPR/2021.akan tetapi realisasi pekerjaan tersebut menjadi Retaining Walls.

banner 336x280

Dalam pekerjaan tersebut awak media menduga ada hal aneh, sehingga awak media mencoba mengkonfirmasi Lurah Batang Toru dan Kepling Batang Toru terkait tentang pekerjaan Pembangunan Drainase/Paret Beton,akan tetapi jawaban yg kami terima terasa aneh Lurah dan kepling Batang Toru mengatakan bawasan nya dalam hal pembangunan Drainase/Paret Beton itu kami tidak tau pak adanya pekerjaan tersebut didesa kami Pungkas lurah dan Kepling.

Pada hal sudah jelas dalam peraturan Perpres dimana Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan keempat atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa. Pasal 11 ayat 1 dan 2 Perpres nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah menyebutkan bahwa PPK sesuai dengan tugas dan wewenangnya, yang dilimpahkan oleh PA/KPA kepada PPK, bertanggungjawab baik secara formal maupun material atas terlaksananya Pengadaan Barang dan Jasa.

Dimana juga tertuang sebagai badan pengawasan, Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/ Institusi, yang selanjutnya disebut K/L/D/I adalah
instansi/institusi yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pengguna Barang/Jasa adalah Pejabat pemegang kewenangan penggunaan Barang dan/atau Jasa milik
Negara/Daerah di masing-masing K/L/D/I.

Dimana dalam Peraturan Perpres disini jelas tertuang bawasannya pungsional Lurah serta perangkat Desa adalah sebagai pengawas pekerjaan tersebut.

Kami awak media kembali mencoba mengkonfirmasi ke Bapak Camat Batang Toru akan tetapi beliau tidak berada ditempat ujar penjaga piket dikantor kecamatan Batang Toru. Hingga naik berita ini kami blm dapat mengkomfirmasi bapak camat Batang Toru. (Iwan Black ).

banner 336x280
Penulis: Iwan BlackEditor: Zainul Nst
banner 120x600
  • Bagikan