Ombudsman minta Pemkab Palas tingkatkan pelayanan publik 

  • Bagikan
Foto: Ombudsman perwakilan sumut meninjau langsung pelayanan publik di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Palas. 
banner 468x60

PALAS | VALIT.ID | Ombudsman RI Perwakilan Sumut meminta Pemkab Padang Lawas (Palas), Sumut meningkatkan kualitas layanan publik di seluruh unit layanan. Ombudsman juga berharap bupati/wakil bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) memimpin langsung perbaikan layanan publik di daerah itu.

Hal itu disampaikan Abyadi Siregar dalam pertemuan koordinasi Ombudsman Sumut dengan Pemkab Palas di ruang Aula Pemkab Palas, Kamis (14/10) kemarin. Pertemuan itu dipimpin langsung Sekda Palas Arfan Nasution SH dan dihadiri Asisten I Pemerintahan serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

banner 336x280

“Di pasal 6 UU Pelayanan Publik No 25 tahun 2009 disebutkan bahwa, kepala daerah adalah pembina penyelenggara layanan publik. Sedang Sekda sebagai penanggungjawab. Artinya, peran kepala daerah dan Sekda sangat menentukan keberhasilan peningkatan kualitas layanan publik di daerah,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar.

Abyadi yang didampingi Kepala Keasistenan Pencegahan Ombudsman Sumut Edward Silaban dan Kepala Keasistenan PVL Hana Ginting melanjutkan, saat ini kondisi penyelenggaraan pelayanan publik di Pemkab Palas butuh perhatian serius. Sejalan dengan kondisi itulah, sehingga Ombudsman merasa berkepentingan turun langsung ke Pemkab Palas untuk berkoordinasi.

“Kami sudah melihat langsung ke beberapa OPD. Di Dinas PTSP sedikit lebih baik. Begitu juga di Dukcapil. Tapi tidak di Dinkes dan Disdik. Tapi, secara umum, butuh perhatian serius,” kata Abyadi Siregar usai pertemuan.

Tentunya, Sekda Palas Arpan Nasution mengharap, kedatangan tim Ombudsman ini dapat membantu Pemkab Palas untuk memperbaiki peningkatan kualitas layanan publik. Baik secara global dan tiap OPD.

Acara tersebut dilanjutkan dengan pemampangan figura “Halo Ombudsman” bertuliskan Call Center Ombudsman Sumut 0811 945 3737 di ruang layanan RSUD Sibuhuan. Dan selanjutnya, ombudsman juga masih akan meninjau inspektorat, Jumat (15/10).

banner 336x280
Penulis: tanEditor: Zainul Nst
banner 120x600
  • Bagikan