Militer Iran pamer senjata disinfektan dan alat detektor virus corona

  • Bagikan
Militer Iran pamer senjata disinfektan dan alat detektor virus corona. Foto : Militer Iran (Reuters)
banner 468x60

IRAN | VALITO.ID | Militer Iran unjuk gigi dalam ajang parade militer, bersama negara-negara Timur Tengah, Iran pamer senjata disinfektan dan alat detektor virus corona.

Parade militer Iran tahunan bersama negara-negara Timur Tengah itu mengambil bentuk yang sangat berbeda tahun ini. Bukan alat-alat perang, melainkan peralatan medis untuk memberantas virus corona.

banner 336x280

Parade Hari Tentara tahunan Iran itu menunjukkan militer Iran yang menyuguhukan parade kecil “Pembela Tanah Air, Pembantu Kesehatan”, ditonton oleh sekelompok kecil komandan militer dengan masker wajah, yang berfokus pada keahlian medis militer Iran.

Dilansir laman Daily Star, biasanya parade militer yang berlangsung tiap tahun itu memamerkan kemampuan militer negara Timur Tengah, dengan berbaris infantri, rudal, dan kendaraan lapis baja, dengan pesawat tempur terbang di atas kepala.

Tetapi sejak terpukul dengan pandemi corona, 80.868 warga Iran terinfeksi dan lebih dari 5.000 orang meninggal karena corona, maka pemerintah Iran mengubah prioritas negara tersebut.

Media pemerintah menyiarkan pidato Presiden Hassan Rouhani, ia mengatakan bahwa kini yang berada di garis depan bukan tentara, namun para dokter dan perawat.

“Karena protokol kesehatan dan sosial kini tidak mungkin mengadakan parade tentara. Musuh sekarang tersembunyi dan para dokter dan perawat berada di garis depan medan perang.”

Ia melanjutkan bahwa parade tersebut merupakan simbol kepentingan Nasional.

“Angkatan Darat kami bukan simbol perang panglima perang, tetapi itu adalah simbol dukungan bagi rakyat dan kepentingan Nasional. Kehebatan pekerjaan medis sebagai ‘pembela tanah air’ dan ‘pembela kesehatan’ telah terungkap lebih dari sebelumnya,” ujarnya.

Kelompok-kelompok oposisi mengklaim bahwa jumlah korban tewas di negara itu bisa mencapai 15.000 orang dan menuduh rezim membubarkan wabah itu.

Untuk parade yang belum pernah terjadi sebelumnya, Republik Islam itu memamerkan alat-alat yang digunakannya untuk memerangi pandemi peralatan biohazard dan membawa penyemprot disinfektan yang berbentuk mirip senapan.

Mayor Jenderal Abdolrahim Mousavi menggambarkan militer negara itu seperti umpama bendungan besi yang yang melindungi masyarakat dari virus corona.

Salah satu peralatan yang dipamerkan oleh Iran adalah sistem pintar yang dilaporkan dapat mendeteksi infeksi coronavirus.

“Sistem ini dapat mendeteksi area yang terkontaminasi coronavirus dari jarak 100 meter dalam 5 detik dan tidak perlu mengambil darah dari pasien dan telah diuji. Di berbagai rumah sakit dan menunjukkan kinerja positif dalam 80 persen kasus,” ujar Komandan Penjaga Revolusi Mayor Jenderal Hossein Salami.

Namun perjuangan Iran masih jauh dari selesai. Wakil Menteri Kesehatan Iraj Harirchi telah memperingatkan bahwa infeksi tersebut dapat menyebar lebih jauh di musim gugur.(HID/Red)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan