Masyarakat keluhkan pelayanan pencetakan KK dan KTP di Kantor Dinas Catatan Sipil Batubara

  • Bagikan
Dinas Capil Kabupaten Batubara. (Duanda/valito.id)
banner 468x60

BATUBARA | Salah seorang Perangkat Desa Lalang berinisial Mhd Khoirudin, merasa kecewa lantaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Batubara belum maksimal dalam melayani masyarakat Kabupaten Batubara. Rabu, (24/09).

Diceritakannya, bahwa sekira pukul 14.22 WIB di depan Kantor Catatan Sipil seorang Kasi Pengurusan KK yang berinisial Ali Akbar membentak-bentak seorang warga untuk mendapatkan Kartu Keluarga (KK), KK tersebut dibutuhkan lantaran dirinya sadar atas haknya sebagai warga.

banner 336x280

Diketahui, bahwa warga dan juga perangkat Desa Lalang tersebut menjelaskan, bahwa perbuatan tersebut menurutnya tidak etis.

Dengan wajah lesu dan gemetar, warga mengungkapkan perihal itu kepada awak media.

Dikatakan Mhd Khorudin, bahwa dirinya tak bermaksud ingin mencari suatu masalah, dirinya berharap agar awak media mengkritisi kebijakan Pemerintah Kabupaten Batubara, yakni Dinas Catatan Sipil Kabupaten Batubara.

Pemkab Batubara, terkhusus Dinas Capil harus profesional dan bermartabat dalam melayani masyarakat, mereka digaji rakyat, jelas Mhd Khoirudin.

Pada saat awak media berkunjung di Kantor Dinas Catatan Sipil (Capil) Kab. Batubara yang berada di Desa Bulan-Bulan serta mendengarkan percakapan Mhd Khoirudin dan Kasi Pelayan Catatan Sipil tersebut.
Kemudian awak media memantau di sekitar kantor, serta menyimpulkan kuat dugaan adanya calo dan sindikat permainan kongkalikong di Dinas Capil tersebut.

Dan ditambah lagi dugaan adanya acara pesta bakar-bakar ikan di lingkungan kantor mengakibatkan banyaknya asap dan berantakannya dokumen di lantai serta sisa makan yang berserakan di meja kantor. Kejadian itu terjadi, Jumat, (18/9) sekira pukul 14:15 WIB.

Selanjutnya awak media ingin mengkonfirmasi kepada Kadis Capil Kabupaten Batubara atas terkait perihal kegiatan di kantornya, namun staff kantor tersebut menjawab dengan tidak bersahabat.

Siapa yang keberatan, kata Kasi Umum Capil Batubara dengan lantang ke Media.

Awak mediapun semakin yakin, bahwa setiap masyarakat pasti mengeluh dalam mengurus KTP dak KK dengan pelayanan tak mendidik tersebut.

Salah seorang Kasi Bidang KK yang inisialnya AL yang membentak-bentak untuk kepengurusan, ucap Perangkat Desa Lalang, Mhd Khoirudin.

Kami meminta agar pemerintah daerah agar memberi teguran kepada pejabat yang tidak bermoral tersebut dan memberi sangsi kepada Pemerintah Daerah Batubara agar selalu melayani masyarat dengan ramah dan mempermudah kepengurusan KK dan KTP kependudukan sesuai dengan Peraturan Daerah Batubara yang melayani dengan sepenuh hati dan tulus bekerja, ujar Mhd Khoirudin.

Pewarta: Duanda
Editor: Arif

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan