banner 728x250

Ketua Koalisi Pemerhati KKN : Kembalikan Citra Polri, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Harus Berjiwa Besar Untuk Mundur Dari Jabatannya

  • Bagikan
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
banner 468x60

VALITO.ID | JAKARTA | Kasus Djoko Chandra memasuki babak baru, setelah membuat geger masyarakat karena membuat e-KTP selama kurang lebih 30 menit di Kelurahan Grogol, Jakarta Selatan, hingga berujung dengan pencopotan sang lurah. Djoko Chandra kini melibatkan tiga sosok Jenderal di kepolisian dalam pusaran kasusnya.

Komentar dari Ketum Koalisi Pemerhati KKN mengatakan Kapolri Idham Azis harus mengambil tindakan tegas dalam memberikan sanksi pidana terhadap jenderal polisi yang terbukti membantu pelarian buronan kasus Bank Bali, Djoko Tjandra. Pasalnya, kasus pelarian Djoko Tjandra sudah mencoreng institusi Polri.

banner 336x280

Malik yang sebagai Aktivis Pemuda ini juga mengatakan bahwa kepolisian pimpinan Polri akan mengusut tuntas kasus pelarian Djoko Tjandra tersebut. Tidak hanya memberikan sanksi kode etik, pimpinan Polri dipastikan akan mengangkat sanksi pidana kasus ini ke ranah hukum. 22 Juli 2020, Jakarta.

Malik sangat mengaspresiasi langkah cepat pimpinan Polri yang langsung mengambil tindakan tegas dalam mencopot jabatan tiga jenderal polisi terkait pelarian buronan kasus Bank Bali itu, patut dihargai. Banyak pihak mendukung pimpinan Polri untuk proses sanksi pidana,” ujar Malik

Menurutnya, pencopoton jabatan jenderal polisi ini merupakan bukti bahwa pimpinan Polri berhasil menjaga marwah institusi dari perkara yang sedang ditangani.

Malik menambahkan seharusnya Sanksi pidana akan diterapkan pimpinan Polri kepada bawahannya agar bisa membawa efek jera. Ketiga Jenderal tersebut sudah melanggar Pasal 426 KUHP (membiarkan orang yang dirampas kemerdekaannya melarikan diri), atau Pasal 221 KUHP (menyembunyikan orang yang melakukan kejahatan).

Malik mengatakan apakah Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo benar tidak mengetahui pelarian buron kasus pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali Djoko Tjandra Padahal mereka teman satu angkatannya.

Maka dari itu meminta kepada Presiden Jokowi untuk memanggil Kapolri Idham Azis untuk segera beri sangsi kepada Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk mengembalikan kepercayaan citra polri di mata masyarakat.

Penulis : J Aritonang
Editor : Arif

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan