Keterlaluan..! Kepsek SMPN2 Kualuh Ledong diduga kutip uang 50rb ke siswa untuk SKHUN

  • Bagikan
banner 468x60

LABURA |Sungguh keterlaluan ulah Kepsek SMPN2 kualuh ledong mengutib uang SKHUN kesiswa VIII yang telah temat sekolah sebesar 50 ribu agar bisa mengambil SKHUN siswa di wajibkan harus membayar, kalau tidak SKHUN tidak bisa di perolah.

Di perparah lagi, ulah kepsek SMN2 kualuh Ledong, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sudirman SPd, di lakukanya pada saat masyarakat yang telah di landa kesusahan menghadapi massa pandemik covid 19 di situlah datang beban anak sekolah agar membayar demi menyambung sekolah ke tingkat sekolah menegah atas (SMA).

banner 336x280

Seperti di utarakan salah satu orang tua murid kepada wartawan mengucapkan, Kamis(17/6), ia terpaksa meminjam uang kepada orang demi mingambil SKHUN anaknya agar anaknya bisa menyambung ke SMA, Padahal di sekolah lain di ledong ini seperti MTS tidak ada di minta ke orang tua uang SKHUN tetapi di sekolah anak saya harus bawa uang 50 rb baru bisa dapat SKHUN nya.

Lain nanti kalau mengambil izasah apa kita orang tua murid di minta uang lagi, sudah hari ini jaman susah di tambah lagi pengeluaran anak sekolah begitu banyak, ucap ibu itu sambil meraba kepalanya, ujar orang tua siswa.

Diketahui, pengutipan uang SKHU sebesar 50 rb ini juga di benarkan salah satu siswa yang bernitial Am (15) saat di hampiri wartawan pada saat mengambil SKHUN di Sekolah SMPN 2 kualuh ledong pada hari selasa (8/6), membenarakan telah memberikan uang 50 rb kepada salah satu guru untuk mengambil SKHUNnya.

Iya pak kami membayar 50 rb untuk pengambilan SKHUN, saat di tanya atas perintah siapa mengasi 50 rb, siswa itu menjawab memang begitu dari dulunya, gak pala di suruh semua orang udah tahu harus ada uang terimakasinya, jelas anak tersebut.

Sambungnya, kawan kawan kelasnya sudah menerima SKHU (SURAT KETERANGAN HASIL UJIAN) semuanya telah membayar 50 ribu dan langsung telah memberi uangnya SKHU mereka pun sudah di terima, ujarnya sambil menujukan surat SKHU nya.

Dari informasi di peroleh, siswa kelas VIII SMPN 2 kualuh ledong kec, kualuh ledong kab labura. Sebanyak 99 siswa di nyatakan lulus kalau di kalikan 50 rb, kepala sekolah sudah meraut keutungan dari orang tua siswa mencapai 5 jt rupiah.

Kepsek SMPN2 kualuh ledong sudirman SPd, saat di konfirmasi melalui via hp, perkhal pengutipan uang SKHUN sebesar 50 ribu mebenarkan pengutipan tersebut, dan berdalih itu tidak ada paksaan, juga beralasan kalau uang kutibpan itu untuk guru guru dan TU di SMPN 2 kualuh ledong.

Aebagai uang capek aja, ucap kepsek singkat.(Basri)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan