Jalan Kecamatan Kualuh Ledong rusak parah, ekonomi warga lumpuh 

  • Bagikan
banner 468x60

LABURA | VALITO.ID

Meski telah menjerit berkali-kali dan diekspos media, namun tampaknya kerusakan infrastruktur jalan masih terabaikan. Kini, masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Kualuh ledong Kab. Labura benar-benar terisolir. Hasil pertanian sulit dibawa keluar untuk dijual, harga kebutuhan pokokpun melambung tinggi.

banner 336x280

Adalah Andi warga Kecamatan Kualuh Ledong Kab Labura, ketika diwawancara VALITO.id, Senin (22/11/2021) mengungkapkan bagaimana penderitaan yang dialami masyarakat setiab tahunnya apa bila musim penghujan jalan selalu rusak, seperti jalan lintas provinsi Desa Teluk Pulai luar dan Desa Simandulang akibatnya masyarakat terpaksa menahankan tidak bisa mengeluarkan hasil taninya.

Andi juga mengungkapkan, kondisi jalan saat ini tak bisa dilewati. Baik melalui akses Tanjung Balai mau pun jalan Aekkanopan.

“Macam apa kami membawa hasil tani kita, jalan tidak bisa dilewati, ekonomi kami lumpuh saat ini,” kata Andi.

Ia menjelaskan beberapa titik kerusakan di ruas jalan yang berada dalam kawasan desa teluk pulai luar dan desa simandulang ini yakni akibat hujan mengkibatkan jalan rusak dan berlubang akibatnya tidak bisa dilewati roda dua dan mobil. 

Lebih lanjut andi mengungkapkan, jika infrastruktur jalan di Kecamatan kualuh ledong ini terutama tidak dibenahi dengan serius maka setiap tahun keluhannya akan seperti ini. Karena sumber ekonomi masyarakat di sini adalah petani dan nelayan gimana lah hasil ini mau di bawa keluar kalau jalan begini parah. Ini sudah lebih kurang sebulan, selama musim hujan,” ungkapnya.

Disamping itu Andi juga berharap kepada pemerintah Kabupaten Labura terutama Bupati Labura, Hendriyanto Sitorus SE. MM, untuk dapat memperhatikan daerah Kecamatan Kualuh Ledong yang terisolir ini

“Agar dapat meberikan pembangunan jalan, supaya masyarakat bisa memjual hasil taninya yang di mana karena penghasilan ekonomi masyarakat adalah dengan bertani dan nelayan,” ujarnya. 

Amatan VALITO.id terlihat di lokasi jalan Desa Teluk Pulai luar, terlihat bayak mobil yang antri akibat terperosok lubang yang berlumpur, dan menurut pemilik mobil mereka sudah satu hari satu malam di jalan akibat jalan yang rusak parah.

banner 336x280
Penulis: BasriEditor: Zainul Nst
banner 120x600
  • Bagikan