banner 728x250

Iran kebanjiran permintaan alat tes Virus Corona

  • Bagikan
Seorang pekerja kesehatan di laboratorium untuk diagnostik coronavirus di kota Isfahan, Iran tengah. (Foto: Aria Jafari/ISNA)
banner 468x60

TEHERAN | VALITO | Alat tes Iran yang digunakan untuk menentukan tingkat kekebalan terhadap virus corona baru (COVID1-9) menjadi semakin populer karena beberapa negara melakukan pesanan massal untuk alat diagnostik.

Pada Minggu (10/5), Wakil Kepala Kantor Kepresidenan Iran untuk Urusan Ilmiah, Mehdi Qalenoei mengatakan, perusahaan Iran akan mengekspor alat tes serologis ke delapan negara lagi setelah pengiriman yang berhasil pertama kali dilakukan ke Jerman awal pekan ini.

banner 336x280

Qalenoei mengatakan ekspor dua jenis alat tes COVID-19 ke Filipina dan Pakistan sedang menunggu persetujuan dari otoritas lokal setelah perusahaan Iran yang memasok alat diagnostik mengirim sampel alat tes ke laboratorium di negara-negara tersebut.

Ia mengatakan ekspor ke India, Nigeria dan Armenia akan dimulai setelah pembatasan perjalanan akibat pandemi COVID-19 dilonggarkan. Ia juga mengatakan Qatar, Georgia dan Suriah akan segera dimasukkan dalam daftar tujuan ekspor untuk alat tes Iran.

Sebelumnya, Iran sudah mengirim setumpuk alat tes serologis pertama ke Jerman, sebuah negara di mana pihak berwenang berusaha untuk menyebarkan tes dalam skala besar untuk mendeteksi tingkat kekebalan terhadap COVID-19.

Otoritas Iran mengatakan, ekspor alat diagnostik dari Iran ke negara-negara lain merupakan tanda keberhasilan upaya-upaya yang ditanamkan dalam negeri untuk memerangi pandemi.

Iran menuai pujian atas tanggapannya yang kuat terhadap COVID-19 di bawah sanksi keras Amerika Serikat (AS), yang menyebabkan negara itu kesulitan mengakses pasokan medis dan peralatan vital yang diperlukan untuk menghadapi virus. (PTV)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan