banner 728x250

Ini manfaat jantung pisang, bisa atasi Diabetes dan Infeksi

  • Bagikan
Ini manfaat jantung pisang, bisa atasi Diabetes dan Infeksi
banner 468x60

VALITO.ID | Setiap sayuran atau buah yang berwarna kuning sangat kaya manfaat, juga sebagai buah yang banyak digemari orang, termasuk di Indonesia. Adalah buah pisang sebagai buah yang sering dikonsumsi orang-orang. Baik dimakan langsung maupun diolah menjadi makanan hingga dicampurkan ke makanan lain.

Dilansir dari berbagai sumber kesehatan, selain daun pisang ada lagi bagian yang juga kaya manfaat yang sama-sama tumbuh di pohon pisang. Bagian yang dimaksud adalah jantung pisang. Jantung pisang merupakan bunga yang tumbuh pada pohon pisang, yang menjadi cikal bakal buah pisang. Di Indonesia sendiri, bunga pisang ini sering diolah menjadi santapan sayur seperti sayur lodeh maupun tumis.

banner 336x280

Jantung pisang mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti kandungan kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, flavonoid, saponin, asam amino esensial dan non-esensial, tannin, glikosida hingga steroid. Beberapa kandungan ini mempunyai manfaat untuk menyembuhkan infeksi hingga mengatasi diabetes.

Dirangkum juga dari berbagai sumber, berikut penjelasan manfaat jantung pisang  untuk kesehatan.

  1. Menyembuhkan Infeksi.

Manfaat jantung pisang yang pertama ialah menyembuhkan infeksi. Kandungan etanol yang terdapat dalam jantung pisang, dapat membantu menyembuhkan seseorang dari infeksi.

Kandungan etanol ini bekerja mencegah pertumbuhan bakteri patogen pada tubuh. Tidak hanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, konsumsi ekstrak jantung pisang juga mampu mencegah pertumbuhan parasit penyakit malaria.

  1. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas yang terdapat dalam polusi udara akan membawa beberapa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Seperti menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, gangguan kardiovaskular, autoimun hingga kanker. Meskipun demikian, efek buruk paparan radikal bebas dari polusi bis diminimalisir dengan memanfaatkan jantung pisang.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam jantung pisang mampu mencegah stres oksidatif. Tidak hanya itu, kandungan polifenol dan flavonoid di dalamnya juga dapat memberikan perlindungan tubuh dari kerusakan DNA akibat reaksi senyawa radikal bebas.

  1. Membuat Siklus Menstruasi Lebih Lancar.

Manfaat jantung pisang selanjutnya, bisa membantu mengatur siklus haid lancar di setiap bulannya. Wanita yang mengonsumsi jantung pisang kadar progresteron pada tubuhnya dapat meningkat. Progresteron ini merupakan hormon pada tubuh wanita yang mengatur siklus mentruasi, menjaga kehamilan dan mempersiapkan diri untuk pembuahan atau program kehamilan.

  1. Meningkatkan Suplai ASI.

Di samping kemampuannya untuk mengatur siklus menstruasi lebih lancar, kadar progresteron pada tubuh wanita yang meningkat ketika rutin mengonsumsi jantung pisang.

Selain itu, manfaat jantung pisang, juga mampu merangsang kelenjar penghasil susu pada masa kehamilan. Dengan begitu, konsumsi jantung pisang sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil untuk dapat meningkatkan produksi susu yang dapat disiapkan sebelum bayi lahir.

  1. Mengurangi Kecemasan dan Meningkatkan Mood.

Manfaat jantung pisang selanjutnya ialah mengurangi kecemasan. Hal ini dikarenakan jantung pisang mempunyai fungsi sebagai antidepresan. Kandungan magnesium yang banyak terdapat dalam jantung pisang dipercaya dapat meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik serta mampu mengurangi kecemasan.

Bisa dikatakan jantung pisang ini sebagai obat antidepresan yang tidak memberikan efek samping.

  1. Menjaga Saluran Pencernaan.

Jantung pisang juga mampu membantu masalah pencernaan yang sering dialami banyak orang seperti mulas, sakit perut dan sembelit. Hal ini disebabkan karena jantung memiliki serat larut dan tidak larut.

Serat larut jantung pisang dapat membantu mempercepat pencernaan karena sifatnya yang mudah larut dalam air. Sedangkan serat tidak larut juga berfungsi untuk mengurangi risiko sembelit.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung.

Manfaat jantung pisang lainnya ialah untuk kesehatan jantung. Pada jantung pisang terdapat kandungan kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Kandungan kalium yang banyak terdapat dalam jantung pisang dapat bekerja sebagai penawar natrium virtual yang mampu mengurangi tekanan darah dan faktor utama terkena risiko penyakit jantung.

  1. Mengatasi Diabetes dan Anemia

Bagi penderita diabetes, perlu mengontrol gula darah dalam tubuh dengan mengonsumsi jantung pisang. Jantung pisang yang kaya akan serat dapat bekerja mencerna makanan lebih lambat dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang mampu menyebabkan komplikasi diabetes lebih parah, seperti ginjal hingga kerusakan saraf.

Bagi yang ingin mencoba manfaat ini, bisa dengan mengonsumsi jantung pisang dengan cara direbus. Atau juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak yang dijual di pasaran.

  1. Mengatasi Pembesaran Prostat Jinak.

Manfaat jantung pisang selanjutnya, mampu mengatasi masalah pembesaran prostat jinak pada pria. Pada pria yang mengalami kondisi ini, dapat ditandai dengan melemahnya fungsi kandung kemih, sehingga urin tidak dapat keluar seluruhnya.

Dengan konsumsi jantung pisang, risiko pembesaran prostat dapat diminimalisir. Senyawa seperti asam sitrat, tairuin, asam pantotenat dan nikotinat berperan dalam menghambat pertumbuhan sel yang mengakibatkan pembesaran prostat. Tidak hanya itu, jantung pisang juga dapat memperbaiki morfologi atau bentuk kelenjar prostat.

  1. Mencegah Gangguan Saraf.

Jantung pisang memiliki kandungan zat anti-radikal bebas yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari reaksi senyawa berbahaya radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi.

Manfaat jantung pisang bila dikonsumsi secara rutin juga dapat mencegah penyakit gangguan saraf seperti Alzheimer dan Parkinson yang disebabkan oleh senyawa radikal bebas.(MC/Red)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan