banner 728x250

Ini lokasi wisata yang ada di Labuhanbatu Utara, para turis mancanegara sudah berdatangan

  • Bagikan
Air Terjun Aek Sordang Pulo Dogom
banner 468x60

VALITO.ID | LABUHANBATU UTARA | Dipaparkan oleh Maratahi Sipahutar, S.Pd., Selaku Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Labuhanbatu Utara kepada Wartawan Media VALITO.ID tentang beberapa potensi Wisata di Labuhanbatu Utara, Pada hari Selasa (16/6/2020) di ruang kantor kerjanya di Aek Kanopan.

Maratahi, mengungkapkan banyak nya potensi wisata dilabuhanbatu utara belum begitu dapat tersentuh untuk pembangunan disebabkan keterbatasan anggaran. Terlebih pada masa ini kita dalam masa Pandemi Covid-19. 

banner 336x280

‘’Kendati demikian pemerintah dalam hal ini akan terus mendata potensi-potensi wisata yang ada di Labuhanbatu Utara. Sebab Selain wisata ini dapat membuat Kabupaten Labura lebih terkenal untuk daerah lain. Potensi wisata ini juga dapat menjadi nilai tambah untuk PAD Kab. Labura,’’ ujar Maratahi.

‘’Adapun jumlah lokasi wisata yang ada di Labura sebanyak 23 titik. Dan diantaranya Hadabuan Hill Napompar, lokasi wisata yang satu ini, sudah di kunjungi oleh dari berbagai manca Negara yang berasal dari Negara Australia, Jerman, America, Kanada, India dan Korea,” sebut Maratahi.

Ditambahkannya, bahwa Kab. Labura memiliki lokasi wisata yang berbagai macam, baik itu Sungai, Air terjun, pantai laut, pantai bebatuan, pebukitan untuk camping, wisata budaya yang harus di lestarikan.

Lanjutnya lagi berikut ini lah nama-nama tempat Lokasi wisata di Labuhanbatu Utara yang senantiasa menarik perhatian pengenyam Objek Wisata;

1. KECAMATAN KUALUH HULU

1. Air Terjun Aek Sordang Desa Pulo Dogom Air Terjun – Makam/Tugu Marga Parapat
2. Pantai I Desa Kuala Beringin- Sungai yang Jernih dan Bebatuan
3. Pantai II Desa Kuala Beringin- Sungai yang Jernih dan Bebatuan
4. Pantai III Desa Kuala Beringin- Sungai yang Jernih dan Bebatuan
5. Air Terjun Pelangi Indah Desa Kuala Beringin- Air terjun- wahana bermain anak-anak
6. Air Terjun Bidadari Desa Kuala Beringin

2. KECAMATAN KUALUH SELATAN

1. Lubuk Lmbung- Sungai dan Bebatuan
2. Puncak dataran tinggi Desa Aek Ronggas- Panorama Keindahan Alam
3. Wisata Budaya HAGAF Gunting Saga- Kebudayaan – Sungai Event Festifal

3. KECAMATAN AEK NATAS

1. Pantai Bisky Desa Simonis- Sungai dan Bebatuan
2. Turunan Sikkam Desa Poldung-
3. Puncak Bukit Hoza Desa Kampung Yaman- Wahana Potret/selfie
4. Pemandangan Panorama Keindahan Alam- Pegunungan
5. Arum Jeram Simonis-

(Air Terjun Pelangi, Arung Jeram)

4. KECAMATAN NA IX-X

1. Wisata Aek Buru Desa Batu Tunggal- Sungai dan Bebatuan
2. Pantai Monyet Desa Silumajang- Sungai dan Bebatuan- Air Terjun- Panorama Keindahan Alam
3. Kuala Hatapang Desa Hatapang- Sungai dan Bebatuan
4. Air Terjun Betingkat- Air Terjun
5. Puncak Manalese- Puncak Perbukitan
6. Air Terjun Jeri Desa Sungai Raja- Air Terjun
7. Hadabuan Hill Napompar Desa Pematang – Konservasi Tumbuhan dan Binatang- Panorama Keindahan Alam- Kebudayaan Desa camping

5. KECAMATAN KUALUH LEIDONG

1. Pantai Siomandulang atau Pantai Bersaudaro – Pantai Pasir Putih
2. Pulau Burung Tanjung Ledong- Observasi berbagai burung.

“Selain ini masih ada beberapa titik lokasi wisata yang masih kita dalami untuk didata sebagai Aset atau kekayaan daerah kabupaten Labuhanbatu Utara,‘’ tutup Maratahi.

(Turis lokal sedang menikmati panorama wisata alam di Kabupaten Labuhanbatu Utara.)

Seorang Tokoh Pemekaran Kabupaten Labuhanbatu Utara Bapak Aslan Nur Sitompul, sangat mendukung pemerintah dalam hal ini Pemkab Labura dalam mewujudkan Potensi-potensi Wisata di Labuhanbatu Utara.

‘’kita mendukung pemerintah untuk menciptakan lokasi- lokasi wisata yang ada di Labuhanbatu Utara, selain membuat daerah kita lebih maju lokasi wisata ini juga dapat mendatangkan Investor Partai besar. Kita harapkan hutan-hutan yang ada di Labura juga dapat menjadi objek wisata. Masyarakat Labura kiranya diberikan izin untuk mengelola hutan misalnya, melalui HTR, HKM, dan Hutan Desa. Mengingat Labura ini kan, sebagian besar wilayah nya mempunyai kawasan hutan yang tidak produktif. Maka hutan yang sudah tidak produktif itu sebaiknya dikelola oleh masyarakat ditanami dengan berbagai macam tanaman tumbuhan untuk obat-obatan dan bunga agar ada Lokasi Wisata Taman Bunga yang melambangkan kewangian daerah Kabupaten Labura,‘’ ucapnya penuh harap.

Pantauan media, lokasi wisata di Kab. Labura sangat begitu menarik para pengunjung dari luar daerah. Terlihat beberapa lokasi wisata tersebut masih saja dikunjungi oleh penikmat objek wisata meskipun masih dalam suasana Pandemi Covid-19.

Pewarta: D Marpaung

Editor: Sri Tharani Dewi

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan