Ikan Sale di Pinggir Sungai Baruman Labusel

  • Bagikan
Ikan Sale
banner 468x60

Oleh : Imam Taufik Harahap

Penjual ikan saleh atau ikan yang diasapi yang berjualan di pinggir jalan lintas Sumatera tepatnya di dekat jembatan Labuhan Kabupaten Labuhanbatu Selatan memang mengundang mata yang melintasi. Beranekaragam jenis ikan yang diasapi atau ikan saleh bejejer rapi. Diantara beberapa jenis ikan ada satu ikan yang menjadi ikon di Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan, yaitu ikan baung. Ikan baung ini sejenis ikan sungai. Ikan baung bisa disajikan dalam bentuk ikan diasapi seperti yang disebutkan diatas bisa juga dengan seperti yang ditemui di Kotapinang.

banner 336x280

Ikan baung terkenal dan satu ciri khas masakan andalan yaitu gulai ikan baung. Penulis belum menemukan riset mendalam soal ciri khas Kotapinang ikan baung tersebut. Akan tetapi setelah banyak mendengar dari berbagai cerita masyarakat bahwa ikan baung menjadi andalan di Kecamatan Kotapinang.  Ikan baung memang sudah masuk menjadi ikon  Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kita bisa menyaksikan tugu bundaran Simpang tiga bukit Kotapinang yang awalnya adalah karet dan kelapa sawit kini berganti dengan ikan baung dan udang.  Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang potensial lintas Sumatera memang harus disupport dengan produk yang bisa dijual membawa daerah kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Penjual ikan saleh yang ditinggalkan jalan lintas merupakan warga sekitar yang sedang mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari. Ikan baung yang penomenal memang harus disebarluaskan hingga masyarakat tahu bahwa Kabupaten Labuhanbatu Selatan memiliki ikon tersendiri yaitu ikan baung. Ini justru hal penting sekali menarik untuk didukung oleh pemerintah daerah kabupaten Labuhanbatu Selatan. Secara tanpa sadar penjual ikan sedang mempromosikan ciri khas Kotapinang dengan menjual ikan saleh jenis baung dan lainnya. 

Penulis : Imam T Harahap Alumni Fakultas Hukum UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Penulis : Imam T Harahap Alumni Fakultas Hukum UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)

Banyak cara yang bisa dilakukan pemerintah daerah mendukung produk daerah tersebut.  Program promosi daerah bisa diupayakan dengan membuat suatu acara berupa momentum produk daerah atau mpd atau yang lainnya. Maka setiap seluruh kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan harus merespon dan mendukung program ini.  Hasil ikan baung atau sejenis lain belum terlalu menyentuh banyak orang. Bahkan sebagaimana warga Kabupaten Labuhanbatu Selatan belum mengetahui bahwa ikon Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah ikan baung dan udang. 

Tentu ini penomena yang harus dihentikan dengan cara terus-menerus mempromosikan ikon Kabupaten Labuhanbatu Selatan tersebut.

Berjualan ikan saleh atau ikan diasapi merupakan salah satu cara warga untuk mempromosikan ikan baung sekaligus meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu tidak cukup dengan berjualan di pinggir jalan yang memang tempatnya kurang baik. Maka dibutuhkan peran pemerintah dalam mempromosikan ikon daerah agar diketahui banyak orang.

Pemerintah bisa menyediakan tempat yang baik dan modern sehingga pengunjung yang datang terkesima. Dengan demikian peningkatan ekonomi semakin baik.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan