Hampir bentrok, Kapolsek minta HTR Tani Mandiri taati putusan Pengadilan Negeri Rantauprapat

  • Bagikan
banner 468x60

LABURA | Hampir terjadinya bentrok antar masyarakat Desa Air Hitam dan kelompok HTR Tani Mandiri di lokasi lahan di Dusun Sei Dua Desa Air Hitam Kecamatan Kualuh Ledong Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara (Labura), Sabtu, (6/2) sekira jam 12.00 siang.

Terpantau, bentrok bermula saat masyarakat Desa Air Hitam melakukan panen sawit milik penggugat yang menang dalam perkara perdata di Pengadilan Negeri Rantauprapat, saat itu jalan menuju lokasi lahan tersebut di palang sejumlah anggota kelompok HTR Tani Mandiri, ketika itu terjadilah argumen antara masyarakat dan sejulah anggota HTR Tani Mandiri.

banner 336x280

Kapolsek kualuh Hilir AKP, Krisnat Napitupulu SE. MH, saat di konfirmasi wartawan, membenarkan kejadian tersebut.
Iya, akan tetapi tidak terjadi bentrok hanya adu argumen saja antara masyarakat yang menang di pengadilan dengan sejumlah kelompok HTR yang masih menduduki lahan tersebut. Tetapi maunya pihak HTR Tani Mandiri seharusnya taat dengan hukum putusan Pengadilan Negeri Labuhanbatu yang memenangkan masyarakat, sebelum ada putusan banding dari Pengadilan Tinggi Medan, sementara ini biarkanlah masayarakat tersebut melakukan aktivitasnya seperti biasa, terang Krisnat.

Semuanya aman saja, dan sampai sekarang belum ada salah satu masyarakat dan kelompok HTR buat laporan ke polsek, ucapnya Kapolsek sambari mematikan ponselnya.

Menurut informasi yang himpun wartawan, sebelumnya Efendi pemilik lahan, melakukan gugatan perdata terhadap kelompok HTR Tani Mandiri di Pengadilan Negeri Rantauprapat, dalam hasil putusan pengadilan tanggal 22 Desember 2020 No : 54 /Pdt. G/2020/PN RAP memenangkan Efendi selaku penggugat dimana lahan dan tanaman yang beresengketa 190 H tersebut sah milik penggugat.

Dalam amar putusan pengadilan menyatakan SK Menhut No 163 Tahun 2008 & SK Bupati Asahan No 438 Tahun 2010 yang dipakai Oleh Koperasi Tani Mandiri bukan terletak di kawasan labuhan batu utara, seharusnya di kawasan Kab. Asahan, sedangkan lahan yang di kuwasai kelompok HTR Tani Mandiri berada di wilayah Labuhanbatu Utara Kecamatan Kualuh Ledong Desa Air Hitam yang sudah beralas hak sejak tahun 1993 seluas 190 Hektar.

Pewarta: Basri
Editor: Zainul Nasti

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan