DMI Pusat tinjau pelaksanaan vaksinasi akbar di Masjid Agung Kota Binjai

  • Bagikan
banner 468x60

BINJAI | VALITO. ID | Ketua Departemen Kesehatan dan Sanitasi Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI), Dr H Abidinsyah Siregar M Kes, meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Akbar PD DMI Kota Binjai di Masjid Agung Kota Binjai, Sumatera Utara, Sabtu, 2/10/2021).

Dalam kunjungannya Dr H Abidinsyah hadir didampingi Ketua PW DMI Sumatera Utara H Irhamuddin Siregar SAg, dan Ketua PD DMI Kota Binjai Letkol CKM H Darma Malem SpTHT-K beserta sejumlah jajaran dan pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatera Utara dan Kota Binjai.

banner 336x280

Pada kesempatan tersebut Dr H Abidinsyah yang turut menjabat sebagai Ahli Utama pada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta Dewan Pakar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu, ikutserta menyuntikan cairan vaksin kepada salah satu dari total 450 peserta penerima vaksin.

Dalam sambutannya, dr Abidinsyah Siregar MKes, mengatakan pelaksanaan vaksinasi akbar pencegahan Covid-19 di Masjid Agung Kota Binjai merupakan realisasi program Masjid Centra Vaksinasi yang dicanangkan oleh Ketua PP DMI, DR H Jusuf Kalla.

Menurutnya, program sosial kemasyarakatan untuk mendukung percepatan penanggulangan Covid-19 secara nasional ini dimulai sejak April 2021, serta terlaksana atas kerjasama PP DMI dengan Kementerian Kesehatan, SKK Migas dan PT Pertamina EP.

Adapun sasaran utama program vaksinasi ialah masyarakat lanjut usia (lansia) , Hal ini didasarkan atas keprihatinan Ketua PP DMI, DR H Jusuf Kalla, mengingat hingga April 2021 baru 5 persen lansia di Indonesia yang menjalani vaksinasi. Padahal kasus infeksi dan kematian akibat Covid-19 justru didominasi oleh lansia.

Program Masjid Centra Vaksinasi merupakan bagian dari komitmen PP DMI mengentaskan Covid-19, dan program ini telah dicanangkan pelaksanaannya di 17 provinsi pada 68 kabupaten/kota se-Indonesia, yang daerahnya masuk wilayah eksplorasi SKK Migas, terang Abidinsyah.

Dalam hal ini, katanya, setiap PD DMI kabupaten/kota menunjuk dua masjid utama untuk dijadikan lokasi vaksinasi massal, dengan target penerima vaksin antara 1.500 hingga 3.000 peserta. Sehingga secara keseluruhan, program ini dilaksanakan pada 136 masjid di seluruh Indoensia.

Program Masjid Centra Vaksinasi resmi kita luncurkan pertama kali di Masjid Jami As-Saadah, Sukmajaya, Depok, pada 9 April 2021 lalu, yang diikuti 500 peserta lansia dan pendampingnya. Saat itu kegiatan dihadiri langsung oleh Wamenkes, Bapak Dante Saksono Harbuwono, dan Ketua PP DMI, Bapak Jusuf Kalla, jelas Abidinsyah.

Namun karena kesulitan mengumpulkan peserta dan masih terbatasnya ketersediaan dosis vaksin, maka PP DMI memutuskan melaksanakan vaksinasi gelombang pertama pada 10 tempat, yang salah satunya itu dilaksanakan di Masjid Agung Kota Binjai.

Untuk gelombang pertama ini, kebetulan Masjid Agung Kota Binjai menjadi lokasi kedua pelaksanaan vaksinasi massal DMI, setelah yang pertama kita laksanakan di Gresik, Jawa Timur. Rencananya setelah ini, atau pada 5 Oktober nanti, DMI juga mengadakan vaksinasi massal di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, ungkap Abidinsyah.

Menyikapi pelaksanaan vaksinasi, kesiapan sumber daya manusia, ketersediaan sarana dan prasarana, serta antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi, dia pun mengaku optimis, target vaksinasi nasional terhadap 205 juta penduduk atau 70 persen dari total 276 juta populasi rakyat Indonesia akan tercapai pada akhir 2021.

Jika target ini terpenuhi, besar harapan kita aktivitas masyarakat di segala sektor hidup kembali. Namun perlu diingat. Walaupun sudah divaksin, harus tetap patuhi protokol kesehatan, serta disiplin menjalankan pola hidup bersih dan sehat, seru Abidinsyah.

Sementara itu, Ketua PW DMI Sumatera Utara, H Irhamuddin Siregar SAg, mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi akbar DMI di Masjid Agung Kota Binjai, karena telah dipersiapkan dengan baik, serta dilaksanakan sesuai standar pelayanan kesehatan dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kebetulan ini adalah kegiatan vaksinasi massal DMI kedua di Sumatera Utara, ujar Irhamuddin.

banner 336x280
Penulis: R Marpaung Editor: Zainul
banner 120x600
  • Bagikan