banner 728x250

Diduga Pengangkatan Perangkat Desa sarat KKN, masyarakat dan mahasiswa Desa Pasir Lancat layangkan surat ke Pemerintah Paluta

  • Bagikan
Mahasiswa ketika berfoto bersama dengan Kepala BKD Paluta H Hasan Basri Harahap.
banner 468x60

VALITO.ID | PADANG LAWAS UTARA | Masyarakat Desa Pasir Lancat Kecamatan Ujung Batu, mengadakan rapat di rumah Sekeretaris Desa Pangadilan Dalimunthe, Minggu, (7/6).

Adapun di laksanakan rapat tersebut, bertujuan untuk melanjutkan pembahasan pemindahan Sekeretaris Desa atas nama Pangadilan Dalimunthe, di mana masyarakat dan mahasiswa Desa Pasir Lancat merasa terkejut atas pemindahan yang di keluarkan oleh BKD paluta, sesuai Perintah Tugas Nomor :800/ 2014/ 2020.

banner 336x280

Dan oleh karena itu, masyarakat dan mahasiswa telah melayangkan surat keberatan kepada kantor Bupati Padang Lawas Utara, Inspektorat, Pemdes, BKD dan Camat Kecamatan Ujung Batu terkait hal tersebut.

Dalam isi surat yang di sampaikan pada tanggal 02- 06- 2020 yang lalu, masyarakat dan mahasiswa mempertanyakan tentang pemindahan Sekdes Pasir Lancat, dan di tambah lagi dengan keberatannya masyarakat dimana perangkat-perangkat desa.

Diketahui, bahwa Desa Pasir Lancat adalah dari kalangan keluarga kandung Kades itu sendiri, yang di duga tidak pernah diadakan musyawarah tentang pengangkatan perangkat desa.

Dimana atas pengangkatan Bendahara Desa, Kaur Pemerintahan dan Kaur Kesra dan di tambah lagi dengan ketua BPD adalah termasuk keluarga kades sendiri.

Masyarakat dan mahasiswa menduga, hal ini telah terjadi KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme). Oleh sebab itu masyarakat dan mahasiswa berharap kepada intansi terkait agar kiranya dana ADD dan DD Desa Pasir Lancat tidak di keluarkan sebelum ada kesepakatan warga masyarakat Desa Pasir Lancat, karena selama ini di duga Kepala Desa Pasir Lancat, Sonang Hasibuan tidak transparan dalam pengelolaan anggaran.

Menurut mahasiswa dan masyarakat, bahwa RAB APBD Desa, di duga banyak di temukan penyelewengan anggaran. Adapun pertemuan yg di lakukan mahasiswa pada hari, Jum’at, (5/6) lalu, dimana mahasiswa mempertanyakan terkait hal pemindahan Sekdes Pasir Lancat yang langsung berhadapan dengan Kepala BKD Kabupaten Paluta, H Hasan Basri S.Pd.

Hasan Basri mengatakan, bahwa pindahnya Sekdes Pasir Lancat di karenakan kurangnya keharmonisan hubungan antara kades dan sekdes. Dan Kepala BKD tersebut menambahkan, hal pemindahan sekdes telah di lakukan mediasi antara kades dan sekdes di laksanakan di Kantor Camat Ujung Batu.

Hasan Basri berharap, agar masyarakat mendiskusikan hal tersebut dengan Camat Kecamatan Ujung Batu, Muhammad Sanusi Siregar, S.Sos, seraya mengarahkan mahasiswa agar beberapa hari kemudian menjumpai Camat Ujung Batu dalam menerangkan terkait hal tersebut.

Sementara, mahasiswa sewaktu menemui Camat Kecamatan Ujung Batu mengatakan hal yang sama dengan apa yg di sampaikan oleh kepala BKD Paluta yakni kurang adanya keharmonisan antara Sekdes dan Kades Pasir Lancat.

Dan sampai di turunkannya berita ini, Kepala BKD Paluta belum dapat menjelaskan tentang sebab pemindahan Sekdes Pasir Lancat, Pangadilan Dalimunthe sewaktu di konfirmasi wartawan melalui pesan singkat Whatsapp.

Pewarta: PHas
Editor: Arif

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan