Bawaslu Labuhanbatu gandeng wartawan sukseskan Pilkada

  • Bagikan
Foto: Ketua Bawaslu Sumut, Makmur didampingi komisioner lainnya memberikan sambutan dalam sosialisasi pengawasan partisipatif bersama wartawan
banner 468x60

VALITO.ID | LABUHANBATU | Dalam menghadapi perhelatan pilkada yang akan datang peran serta wartawan dalam bertugas akan dapat menciptakan Pilkada bersih dan kondusif. Sebab, publikasi oleh media dianggap akan mampu menepis berbagai berita hoaks sekaitan pelaksanaan tugas oleh penyelenggara. Dan akan terwujud informasi yang benar sehingga kesuksesan pilkada bisa terwujud.

Terkait itu, guna menciptakan kekondusifan dan berlangsungnya pengawasan tahapan pelaksanaan, Bawaslu Labuhanbatu menggandeng media untuk bekerjasama yang dikemas dalam kegiatan sosialisasi pengawasan bersama media cetak dan elektronik yang digelar, Jumat (17/7) di Rantauprapat.

banner 336x280

Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur, menyebutkan, Pilkada Labuhanbatu akan tercipta kondusif dari peran bersama jurnalis dan pegiat media sosial sebagai penepis informasi hoaks dan menghindari isu sara.

Kami sangat berharap, bahwa tidak ada lagi, pegiat media sosial menyampaikan berita hoax, ujaran kebencian yang memancing situasi yang tidak kondusif, kata Makmur.

Ditambahkannya, bahwa kebersamaan Bawaslu dengan insan pers juga selayaknya lebih efektif hasilkan pemilu yang sportif dan aktif. Apalagi dimasa pandemi ini berpeluang besar ada money politik. Pasalnya, saat normal saja tidak menutup kemungkinan adanya money politik yang dipengaruhi faktor kebutuhan.

Sementara, nara sumber yang merupakan dosen di Universitas Sumatera Utara (USU), Faisal Andri Mahrawa menjelaskan, jurnalis merupakan stake holder di Pemilu dengan dasar peran pentingnya dalam pengawasan yang sangat melekat dengan fungsi Bawaslu.

Jurnalis sebagai stake holder, peran media sangat besar dan penting, Bawaslu harus dekat dengan kawan media, harus diajak aktif agar pemilu bisa diawasi bersama, kata Faisal saat memberikan materi di acara sosialisasi tersebut.

Pewarta: Zainul Hasibuan

Editor: Arif

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan