Iklan

Antisipasi banjir, Kades bersama perangkat desa dan masyarakat Air Hitam bersihkan aliran sungai

  • Bagikan
Antisipasi banjir, Kades bersama perangkat desa dan masyarakat Air Hitam bersihkan aliran sungai.
banner 468x60

LABURA | VALITO.id | Karena sering mendapat banjir kiriman kepala desa dan perangkatnya yang di bantu masyarakat Desa Air Hitam Kec. Kualuh Ledong Kab. Labura melakukan pembersihan aliran sungai yang tertutup oleh tanaman liar mengakibatkan tidak lancarnya air menuju laut, Rabu (15/9).

“Akibat banyaknya tanaman liar di sungai membuat air tidak lancar mengalir kelaut makanya kita di bantu masyarakat untuk membersikan rumput liar di sungai dan sekalian menyenprot racun tanaman agar taman liar mati,” ucap kades melalui perangkat desa, Sugeng.

banner 336x280

“Semua aliran singai air hitam kita bersihkan agar kiriman bajir dari atas tidak sempat tersumbat dan bisa membuat rumah warga banjir seperti tahun tahun sebelumnya, makanya untuk itu kita dan masyarakat cepat antisipasinya agar tidak terulang lagi,” jelas Sugeng.

“Saya harap setelah nanti sungai air hitam ini bersih, saya minta agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan supaya sungai ini tidak mudah tersumbat yang di akibatkan sampah juga rumput liar di aliran sungai tersebut,” ujar sugeng lagi.

“Apa lagi saat ini sedang bulan musim penghujan bisa saja akibay debit air tinggi di tambah curah hujan tinggi dapat mengakibatkan banjir dikernakan sampah dan rumput liar banyak bisa menyumbat aliran air tidak bisa lancar” ujar lagi.

Sementara, salah satu masyarakat benitial, Yani (43) warga pasar 7 Air Hitam, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kepala Desa Air Hitam, Nawawi yang sangat peduli dengan masyarakatnya dan desanya.

“Jadinya kalau aliran sungai telah di bersihkan mudah mudahan rumah kami tidak bajir seperti tahun semalam,” ujar Ani.

“Kami masyarakat juga mendo’akan kepala desa kami agar sehat dan murah rezeky, karena pak kades sangat peduli dengan warganya yang rumahnya bisa terkena banjir apabila sungai tersumabat,” ucap Ani sambil berdoa.

Dari amatan media VALITO.id, di aliran sungai desa air hitam terlihat sudah berisi dan air mengalir lancar ke arah laut. Juga terlihat atusias warga dan kepala desa untuk membersihkan sungai agar air bisa lancar.

banner 336x280
Penulis: Basri Editor: Zainul
banner 120x600
  • Bagikan