PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI PAJAK PAGI LANGSA

  • Bagikan
banner 468x60

Oleh: Diki Wella (NIM: 4022017040), Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, IAIN Langsa, 2021

VALITO. id | Pajak pagi merupakan tempat terjadinya interaksi anatar penjual dan pembeli dalam menawar dan membeli suatu barang. Pajak pagi berada di kampung Blang Kota Langsa, dimana Kota Langsa merupakan salah satu Kota otonomi termuda yang lahir di Provinsi Aceh. Setela Kota Langsa terlepas dari Kabupaten Aceh Timur tahun 2001, struktur perekonomian dibangun atas perdagangan, industri dan pertanian.
Pajak Pagi Kota Langsa merupakan pusat perbelanjaan rumah tangga, di dalam pajak pagi ini terdapat berbagai macam penjualan, mulai dari sembako, ikan, telur ayam ras, bumbu dapur, ayam, daging, sayu-sayuran dan sebagainya. Salah satunya yaitu pedagang telur ayam ras yang merupakan salah satu usaha bapak Diki yang menjual telur ayam ras. Telur ayam ras yang dijual dapat dibeli secara banyak dan secara eceran tergantung permintaan konsumen yang ingin membeli telur ayam ras.

banner 336x280

Telur ayam ras adalah salah satu sumber pangan protein hewani yang sangat diminati oleh masyarakat semua kalangan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang bernilai gizi tinggi karena mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Telur sebagai produk ternak unggas memiliki protein yang sangat berperan dalam tubuh manusia karena protein berfungsi sebagai zat pembangun yaitu bahan pembentuk jaringan baru dalam tubuh.

Rumah tangga konsumen adalah pelaku ekonomi dengan cakupan wilayah sederhana, dimana pendapatan dan pengeluaran rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari membeli kebutuhan sandang, pangan dan papan. Permintaan konsumen yang semakin lama mengalami peningkatan sehingga peternakan ayam ras terus berkembang sampai saat ini seiring dengan peningkatan permintaan di karenakan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri jasa boga.
Faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu harga barang itu sendiri, naik turun nya harga barang akan mempengaruhi jumlah jumlah barang yang diminta. Permintaan akan menurun apabila harga naik dan permintaan akan meningkat jika harga mengalami penurunan, dimana harga lebih murah akan menarik minat masyarakat dalam membeli barang.
Usaha pemasaran telur ayam ras yang dilakukan oleh Bapak Diki sangat membantu dalam perekonomiannya, usaha ini sudah berdiri selama 2 tahun di pajak pagi Kota Langsa. Pelanggan yang menetap di usaha pemasaran telur ayam ras ini juga sudah sangat banyak, terlebih dari pelayanan yang diberikan kepada pelanggan sangat ramah.

Resiko dalam usaha ini juga sangat berdampak bagi Bapak Diki karena telur ayam ras ini sangat rentan mengalami kerusakan, maka dari itu strategi pemasaran yang dibuat oleh Bapak Diki sangat teliti agar tidak mengalami kerugian.
Telur ayam ras yang diambil dari pedagang besar sesuai dengan permintaan pelanggan saja dan untuk dijual secara eceran bagi pelanggan yang ingin membeli per butir. Telur ayam ras yang dipasarkan oleh bapak Diki dengan harga Rp. 38.000 per papan nya. Banyak pelanggan yang berdatangan untuk membeli telur ayam ras ini, baik kalangan rumah tangga, rumah makan dan toko roti atau kue yang menjadikan telur ayam ras sebagai bahan dalam usahanya.
Hampir setiap rumah di Indonesia memiliki persediaan telur ayam ras di dapurnya yang merupakan makanan yang super murah dan disukai oleh siapapun. Telur ayam ras juga bisa diolah menjadi makanan mewah dan sederhana sehingga dapat dibuat sesuatu yang menghasilkan uang. Berarti telur ayam ras ini salah satu prospek bisnis yang menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan yang melimpah.

Tips untuk memulai usaha pemasaran telur ayam ras dari Bapak Diki yaitu dengan menentukan jenis telur ayam yang akan dijual sebagai slah satu sembako yang dibutuhkan secara nasional. Cara berjualan telur ayam, sudah sangat banyak yang menjalankan bisnis telur ayam sehingga perlunya strategi pemasaran yang efektif akan berpengaruh pada manajemen bisnis telur ayam. Memilih lokasi yang strategis untuk penjualan telur ayam ras, pastikan lokasi ini sangat terjangkau untuk masyarakat membelinya, karena lokasi penjualan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis telur ayam ras.

Melakukan komunikasi yang baik agar konsumen merasa nyaman pada saat belanja telur ayam ras. Pastikan telur ayam ras ini memiliki kualitas yang bagus, kualitas telur ayam sangat mempengaruhi pelanggan, jika kualitas bagus maka pelanggan akan datang kembali untuk membeli telur ayam ras sehingga menjadi pelanggan tetap. Kerjasama dengan agen telur ayam ras merupakan paling penting, mencari agen telur ayam yang sudah besar agar dapat memberi harga miring dengan kualitas telur yang bagus.
Saluran pemasaran akan terjadi pada saat pedagang melakukan transaksi penjualan dengan berbagai lembaga pemasaran. Saluran pemasaran telur ayam ras di perusahaan pajak pagi Kota Langsa menunjukkan aliran produk telur ayam ras malalui berbagai lembaga pemasaran, harga telur ayam ras tersebut sampai di tangan konsumen. Pemasaran telur ayam membutuhkan perawatan khusus secara intensif karena mudah pecah apabila dibiarkan terlalu lama akan busuk, sehingga membutuhkan saluran pemasaran yang tepat agar telur ayam bisa langsung dipasarkan ke konsumen.

Proses pemasaran melibatkan beberapa lembaga pemasaran seperti distributor, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Dalam saluran pemasaran ini melibatkan dua lembaga pemasaran yaitu distributor dan pedagang besar. fungsi penyedian sarana yang dilakukan oleh pedagang besar yaitu meliputi fungsi informasi pasar kepada konsumen yang melakukan pembelian pada pedagang besar. Fungsi yang dilakukan oleh pedagang besar apabila telur ayam ras mengalami kebusukan maka penanggungan resiko oleh pedagang besar yaitu mengantikan telur ayam ras yang mengalami kebusukan kepada konsumen. Konsumen melakukan pembelian langsung kepada pedagang besar untuk mengurangi biaya transportasi, jarak tidak jauh dari lingkungannya.

Usaha telur ayam ras Pak Diki di pajak pagi Kota Langsa perlu meningkatkan produksinya dengan memperbanyak modal yang digunakan dalam produksi. Modal tersebut dapat digunakan untuk membeli telur ayam ras, peningkatan produksi yang dilakukan harus sesuai dengan permintaan pasar dan kondisi lingkungan pasar. Persaingan pasar yang cukup tinggi menjadikan produksi telur ayam ras akan ditinggalkan konsumen jika tidak menggunakan strategi yang tepat. Kondisi usaha telur ayam ras yang berada di pajak pagi Kota Langsa sangat baik dikembangkan pada masa yang akan datang harus diikuti dengan strategi pemasaran yang baik. Pemasaran telur ayam ras di pajak pagi Kota Langsa lebih ditekankan pada strategi bertahan dengan tetap mempertahankan cita rasa dari produksi dan berusaha untuk terus meningkatkan produksi telur ayam ras.

Jika berminat untuk melakukan kerjasama usaha telur ayam ras, anda dapat datang ke warung Pak Diki di pajak pagi Kota Langsa yang dibuka mulai pukul 07:00 – 16:00 WIB. Bagi yang ingin belanja untuk kebutuhan dapat bisa langsung belanja ke warung Pak Diki dengan kualitas telur ayam ras yang baik dan terjamin. Usaha ini sangat membantu dalam perekonomian, sehingga banyak para pebisnis yang mencoba dalam usaha telur ayam ras ini. Dengan banyaknya pelanggan usaha ini akan semakin dikembangkan menjadi lebih besar dan akan dibuka cabang-cabang baru sehingga dapat dibukanya lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Editor: Zainul Nasti

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan