125 warga Batubara di Malaysia akan pulang melalui Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai

  • Bagikan
125 warga Batubara di Malaysia akan pulang melalui Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai
banner 468x60

BATUBARA | VALITO.ID | Terkait dampak Pandemi COVID-19, ratusan warga Batubara yang berada di Malaysia rencananya akan tiba hari ini, Senin, (27/4). Hal itu terkait terbitn Surat Bupati Batubara Nomor: 560/2616, tentang pemulangan warga Batubara ke Syahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai.

Dalam surat tersebut Bupati Batubara, H Zahir menyebutkan pemulangan warga Batubara akan dijemput oleh kapal Ferry Pasific Jet Star 1 melalui pelabuhan Teluk Nibung dari Port Klang-Malaysia pada 26 April 2020.

banner 336x280

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Batubara akan melaksanakan SOP Gugus Tugas COVID-19 meliputi gugus tugas COVID-19 Kab. Batubara, akan melakukan rapid test bagi awak kapal, penumpang dan menyediakan APD dan hand sanitizer serta melakukan penyemprotan Desinfektan di dalam kapal,  bekerja sama dengan Gugus Covid-19 Kota Tanjung Balai.

Selain itu pemerintah batu bara juga menyediakan bus penyemprotan serta ambulance.

Petugas Bea Cukai Tanjung Balai, Fauzan saat dikonfirmasi oleh media melalui Whatsapp terkait surat bupati Batubara atas terkait pemulangan warga Batubara dari Malaysia menjelaskan bahwa membenarkan hal tersebut.

Ada suratnya emang pak, tetapi belum ada masuk kapal hari ini, kemungkinan besok pak. Kalo dari bea cukai selama tidak ada barang larangan dan tidak ada peraturan yg melarang masuk, gak ada syarat, tapi kalo di imigrasi dan karantina, kami kurang tau juga pak, jelas Fauzan.

Sementara itu, terkait adanya surat yang dikeluarkan oleh Bupati Batubara H. Zahir, salah satu warga Batubara, Sofyan yang berada di Malaysia bertanya-tanya terkait tentang syarat agar dapat pulang ke Kabupaten Batubara.

Jadi Cemana ni bang, Apa ada kabar baik terkait soal pemulangan itu, kami mau tahu apa syaratnya?, jika sudah ada mohon kabari ya Bang, kata Sofyan lewat pesan Whatsapp.

Informasi diterima media, bahwa sebanyak 125 warga Batubara yang akan tiba hari ini di pelabuhan Teluk Nibung.(Darwin Marpaung)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan